Sumur Tua Wonocolo, Obyek Wisata Berbasis Migas Pertama di Indonesia

Sumur Tua Wonocolo, Obyek Wisata Berbasis Migas Pertama di Indonesia Di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggalan Belanda yang masih produksi. foto: EKY NUR HADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.

Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggalan Belanda yang kini masih produksi dan dikelola PT Pertamina EP Asset-4 Field Cepu.

Karena keunikannya, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama Pertamina menjadikannya sebagai obyek wisata berbasis Petrolium Geoheritage. Bahkan wisata ini pertama ada di Indonesia.

"Pengunjung bisa langsung melihat aktivitas masyarakat sekitar saat mengambil dan mengolah minyak mentah secara tradisional dari sumur-sumur yang ada," ujar Agus Amperianto selaku General Manager Pertamina EP Asset-4 Field Cepu.

Kata dia, Pertamina akan komitmen mengelola Sumur Tua serta meningkatkan fasilitas penunjang lainnya.

Geo Heritage Wonocolo ini diharapkan menjadi pusat wisata pertama berbabasis migas di Indonesia.

Agus juga mengatakan, jika masyarakat Indonesia ingin mengetahui sejarah perminyakan di Indonesia, bisa datang ke Sumur Tua Kedewan Bojonegoro ini. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO