Senin, 14 Oktober 2019 18:55

JK Isyaratkan Risma Calon Gubernur Jatim

Selasa, 18 Agustus 2015 22:06 WIB
JK Isyaratkan Risma Calon Gubernur Jatim

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi kesuksesan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) dalam membangun kota Surabaya hingga menyabet tiga penghargaan dalam ajang Penganugerahan Kota Cerdas Indonesia 2015 Best of The Best, Kamis (13/8) lalu.

Dalam acara tersebut, JK menyebut bahwa di Jakarta saja, sosok Risma tiada tandingannya. Apalagi di Jawa Timur. Pernyataan JK tersebut lantas ditanggapi sebagai isyarat bahwa JK mendorong Risma untuk maju pilkada Gubernur Jatim tahun 2017.

Benarkah? "Yang saya bilang kemarin itu di pertandingan kota-kota di Jakarta, dia (Risma) empat juaranya, bukan soal dirinya. Di Jakarta pun artinya pertandingan kota cerdas itu dia paling banyak dapat piala, itu maknanya," tutur JK di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/8).

Saat ditanya mengenai kelayakan Risma untuk maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta, JK menjawab singkat. "Ya Surabaya dulu lah," ucap JK.

Isyarat JK tentang Risma ini makin memperbanyak calon gubernur Jawa Timur. Selama ini yang banyak diunggulkan adalah Khofifah Indar Parawansa yang dikenal luas punya pendukung fanatik di kalangan nahdliyin terutama Muslimat NU. Apalagi kini ia menjabat Menteri Sosial yang sangat rajin turun ke bawah. Praktis ia makin popular dan mengakar. Namun hingga kini Khofifah belum pernah menyatakan kesediaannya.

Yang pasti, baik Risma maupun Khofifah dikenal sebagai pekerja keras dan nyaris tak pernah melakukan manuver politik yang menghebohkan. Dua wanita ini bahkan dikenal sangat cerdas dan semua program kerjanya sukses.

Selain dua wanita ini muncul Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur dan Imam Nahrawi yang kini menjabat Menteri Pemuda dan Olah Raga. Yang mengejutkan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga dikabarkan punya calon yang bakal maju. Namun hingga kini belum pernah dinyatakan secara eksplisit.

JK mengungkap, Risma mendapat empat penghargaan sekaligus, salah satunya adalah penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

"Wali Kota Surabaya Ibu Risma, hari ini beliau mendapat empat penghargaan. Dapat Bintang Mahaputra di Istana dan tiga penghargaan tadi di sini. Ini penghargaan terbesar. Di Jakarta saja, Ibu Risma tak ada lawan, apalagi di Surabaya nanti. Berarti sebelum bertanding semua mundur," tutur JK, Kamis (13/8).

JK menambahkan, kota yang cerdas memiliki Wali Kota yang juga cerdas. Sosok Wali Kota, lanjut JK, menjadi penentu kemajuan sebuah kota dan kecerdasan penduduknya. Perilaku Wali Kota akan ditiru oleh warga kotanya.

Kota yang baik, lanjut JK ditata secara teratur. Mulai dari perencanaan, hingga pelaksanaan yang membutuhkan ketegasan seorang Wali Kota. JK melihat sosok Wali Kota tegas di balik kota-kota unggulan. "Kita banyak melihat di TV, di koran Bu Risma marah-marah kalau kotanya kotor. Tapi sekali-sekali juga harus tersenyum," ungkap JK.

Selain itu, Wali Kota yang baik juga melihat sendiri keadaan kotanya. "Intinya 'believe your eyes', percaya mata Anda. Saya yakin semua Wali Kota melakukan hal itu," imbuh JK. (mdk)

Sumber: merdeka
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...