Lima Pelajaran Penting Puasa Ramadhan

Lima Pelajaran Penting Puasa Ramadhan Dr. KHM Sujak. Foto: MAS

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Badan Pengelola dan Pelaksana (BPP) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) DR KHM Sudjak MAg menegaskan bahwa puasa Ramadhan memiliki lima pelajaran.

"Pertama, Puasa Ramadhan itu istimewa, karena puasa Ramadhan itu untuk Allah, diawasi dan dinilai oleh Allah sendiri, serta diberi pahala langsung oleh Allah," katanya dalam kanal YouTube MAS yang diunduh, Selasa (18/3/2024).

Ia mengutip Firman Allah dalam Hadits Qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, yakni "Semua amalan anak cucu Adam itu untuknya kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa itu untuk saya dan saya sendiri yang akan memberi pahala."

Kedua, Puasa Ramadhan itu sebagai miniatur kehidupan yang ideal, yaitu kehidupan yang mengandung nilai-nilai kebaikan, antara lain mengajarkan disiplin.

"Contoh, puasa itu dimulai dari terbit fajar sampai dengan tenggelamnya matahari, orang yang puasa melakukan sahur harus sebelum terbitnya fajar, jika fajar sudah terbit, maka sudah tidak boleh sahur walau satu sendok atau seteguk air," katanya.

Demikian juga ketika berbuka puasa harus menunggu tenggelamnya matahari, jika matahari belum tenggelam walau 5 menit, maka belum boleh berbuka, itulah puasa mengajarkan disiplin.

Ketiga, Puasa Ramadhan melatih untuk berbagi, bukan hanya sekadar mengajarkan disiplin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO