Uji Coba Sistem Jelang Pemilu 2024, KPU Jombang Gelar Simulasi

Uji Coba Sistem Jelang Pemilu 2024, KPU Jombang Gelar Simulasi Simulasi pencoblosan di KPU Jombang. Foto: AAN AMRULLOH/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih, dalam mengetahui aturan dan mekanisme pencoblosan dalam Pemilu 2024, menggelar simulasi tahap II, Rabu (31/1/2024). Agenda tersebut dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Ketua , Abdul Wadud Burhan Abadi, mengatakan bahwa simulasi tahap II Pemilu 2024 diadakan untuk memastikan masyarakat, terkait mekanisme pencoblosan.

"Simulasi kedua kita mengundang stalk holder dan masyarakat, jadi ada dua tujuan yaitu tindak lanjut bimtek yang telah kita berikan kepada anggota PPS dan KPPS kemudian sosialisasi kepada stalk holder," ujarnya.

Disebutkan, simulasi yang dilaksanakan ini adalah proses yang dijalankan sesuai mekanisme dan prosedur, atau tata cara pelaksanaan pencoblosan, agar masyarakat tidak bingung dalam pengambilan jenis surat suara hingga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara.

"Jadi agar mereka bisa tau bagaimana proses di TPS nanti pada 14 Februari 2024," tuturnya.

Pada simulasi tahap kedua ini, lebih menekankan mekanisme dan prosedur, termasuk jenis surat suara, sebab banyak masyarakat yang belum mengetahui jenis surat suara. Selain itu, juga berupaya membuat hal baru seperti, salah satunya penyederhanaan formulir dan pengaturan norma-norma yang lain.

"Misalnya pemilih DBTP dulu bisa memilih sejak awal dibukanya TPS, maka sekarang pukul 11:00 WIB, mereka baru bisa menggunakan hal pilihnya, selain itu sistem rekapitulasi nantinya akan dibantu oleh aplikasi sirekap agar lebih cepat," urai Burhan. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO