Dikabarkan Rekom Cabup Turun untuk Nonkader, Kader Pecahkan Kaca Kantor DPC PDIP Jember

Dikabarkan Rekom Cabup Turun untuk Nonkader, Kader Pecahkan Kaca Kantor DPC PDIP Jember

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pengurus anak cabang berunjuk rasa dan menghancurkan kaca jendela kantor Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Jember, Jawa Timur, Jumat (24/7) sore.

Mereka marah, karena mendengar kabar Dewan Pimpinan Pusat merekomendasikan dr Faida dan Muqit Arif menjadi calon bupati dan wakil bupati Jember dalam pemilu kepala daerah 2015. Dua orang ini bukanlah kader PDI Perjuangan. "Kami menuntut yang dicalonkan adalah kader sendiri," kata Ketua Pengurus Anak Cabang Rambipuji Kholili.

Kader dan pengurus anak cabang akan menolak keras jika mencalonkan nonkader. "Kalau bukan kader, mungkin pengurus anak cabang gak kerja. Apatis terhadap pilkada," kata Kholili.

Namun, sebenarnya PDI Perjuangan belum mengeluarkan surat rekomendasi resmi soal calon bupati dan wakil bupati Jember, Jawa Timur, dalam pemilu kepala daerah 2015. "Secara resmi surat belum saya terima. Tapi memang sudah ada berita, bahwa Dewan Pimpinan Pusat akan merekomendasi dr. Faida dan Kiai Muqit Arif," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Jember Tabroni.

Menurut Tabroni, surat rekomendasi resmi DPP akan disampaikan dalam rapat kerja cabang khusus yang mengundang pengurus anak cabang.

Jika benar merekomendasikan dua nama tersebut, maka tidak ada kader partai yang muncul. "Apa yang diputuskan DPP, apapun kami terima. Walau memang menurut amanat kongres, seharusnya ada kader baik itu di P1 (bupati) atau P2 (wakil bupati). Makanya saya selalu menyampaikan itu dalam pertemuan," kata Tabroni.

"Tapi kalau keputusan lain, kami sebagai petugas partai harus melaksanakan," jelas Tabroni kepada wartawan.

Soal koalisi, Tabroni belum tahu partai mana saja yang akan mengusung Faida-Muqit. "Saya belum dapat kabar selain Nasdem dan ada partai lain," katanya. (jbr1/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO