Karena Dinamika Politik, Lima Daerah di Jatim Belum Dapat Rekom DPP PKB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang dibukanya pendaftaran Calon Bupati maupun Walikota pada 26 Juli 2015 mendatang, beberapa daerah di Jawa Timur sudah menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Namun masih ada 5 daerah lagi yang masih belum mendapatkan rekom.

Hal tersebut disampaikan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar. Dia menyebutkan, beberapa daerah yang sudah mendapatkan rekom adalah Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Malang, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Situbondo, Sumenep, Lamongan, Tuban dan Kabupaten Kediri.

"Sedangkan daerah di Jawa Timur yang belum mendapatkan rekom di antaranya Jember, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Banyuwangi dan Surabaya," tuturnya setelah acara peringatan Harlah PKB ke-17 di kantor DPW PKB Jatim, Kamis (23/7) malam.

Saat ditanya mengapa rekom untuk kota Surabaya belum turun dan tindaklanjut dari Koalisi Majapahit bagaimana, dirinya menjawab bahwa masih terus berdiskusi untuk maju bersama koalisi Majapahit.

Alasannya, dinamika politik akan mengalami perkembangan yang sangat cepat apalagi menjelang hari-hari terakhir batas akhir pendaftaran. "Kita terus melakukan komunikasi dan saya kira dua hari ini akan selesai," kata politisi yang akrab disapa Gus Halim itu.

Mengenai siapa saja calon Walikota Surabaya yang diusung PKB dan atau PKB malah balik mendukung Tri Rismaharini, dirinya mengatakan bahwa ada beberapa nama yang sudah masuk dalam proses penjaringan di DPW PKB seperti Dhimam Abror dan Sukoto.

"Dinamika politik berjalan sangat cepat dan ada saja kemungkinan kalau kita akan mendukung bu Risma. Tapi kalau semua partai politik ke bu Risma, nanti lawannya bu Risma siapa," ujar Gus Halim balik bertanya.

Orang nomor satu di PKB Jatim itu juga menegaskan pihaknya ingin semua daerah di Jawa Timur bisa melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 mendatang. Karena hal tersebut sesuai dengan proses demokrasi di Indonesia.

"Pada prinsipnya kita akan mendorong kader PKB maju sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, dan untuk 5 daerah yang belum mendapatkan rekom. Rekomnya akan turun sebelum dibukanya pendaftaran," pungkasnya.

Dalam acara Harlah 17 Tahun PKB di kantor DPW PKB Jatim itu tampak hadir sejumlah Calon Kepala Daerah yang sudah mengantongi rekom seperti Saiful Ilah (Sidoarjo), Rendra Kresna (Kabupaten Malang), Hasani (Kota Pasuruan), Dadang Wigiarto (Situbondo), Fadeli (Lamongan) dan Noor Nahar Hessein. (mdr/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO