Jelang Penetapan DCT, Ning Lia Perkenalkan Politik Adem

Jelang Penetapan DCT, Ning Lia Perkenalkan Politik Adem Bakal calon anggota DPD RI dari dapil Jawa Timur, Lia Istifhama atau yang akrab disapa Ning Lia. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penetapan DCT (daftar calon tetap) calon legislatif partai politik dan calon dijadwalkan berlangsung pada 3 November 2023. Hal tersebut akan dilaksanakan serentak secara nasional. 

Lia Istifhama, keponakan Indar Parawansa yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai DCS (daftar calon sementara) Jawa Timur pun buka suara. Saat ditanya kesiapannya meraih simpati masyarakat, doktor dari UINSA ini megaku fokus dalam strategi menguatkan politik adem.

“Sebagai salah satu anak bangsa yang memiliki tanggungjawab menjaga proses demokrasi yang sehat, maka saya kira penting menguatkan politik adem, yaitu aman damai tentrem. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pola berpolitik harus jauh dari karakter saling menjatuhkan ataupun hate speech," ucap perempuan yang akrab disapa itu, Minggu (29/10/2023).

Ia menyontohkan saat terjun ke masyarakat, sebisa mungkin tidak terjebak pada jebakan batman untuk menjatuhkan kompetitor. Namun sebaliknya, justru harus menguatkan, bahwa publik berhak menilai, siapa yang konsisten, istiqomah, dan siapa yang hanya tampil saat membutuhkan suara.

Ia pun menambahan, identitas adem sangat kental dengan warna ijo, sesuai tagline yang digaungkannya, yaitu Jilbab Ijo.

"Untuk foto dalam surat suara, saya memilih warna ijo khas NU, khas Muslimat. Warna ijo ini memang ijo yang memiliki spirit memberikan keteduhan atau adem, bahasa Suroboyoannya. Jadi saya yakin, salah satu bukti nyata ingin menguatkan politik adem, sudah nampak dari warna jilbab.

Maju sebagai calon senator, perempuan milenial tersebut juga ingin mengajak para anak muda, baik gen Z dan pemilih pemula, untuk sama-sama berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO