Bunga Edelweiss di Lereng Gunung Kelud Kediri Bisa Dibudidayakan

Bunga Edelweiss di Lereng Gunung Kelud Kediri Bisa Dibudidayakan Ketua Kelompok Tani Hulun Hyang Teguh Wibowo Teguh Wibowo (kiri) saat menunjukkan biji bunga edelweiss kepada Kepala BI Kediri M. Choirur Rofiq. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bunga edelweiss yang tumbuh di puncak , Kediri, ternyata jenisnya ada yang sama dengan yang tumbuh di . Jenis bunga edelweiss tersebut adalah Anaphalis Longifolia dan sama-sama bisa dibudidayakan.

Demikian disampaikan oleh Teguh Wibowo, Ketua Kelompok Tani Desa Hulun Hyang, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, saat menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah M. Choirur Rofiq dan rombongan wartawan mitra Bank Indonesia dari Kediri dan Madiun, Kamis (7/9/2023).

"Jenis bunga edelweiss di itu adalah jenis Anaphalis Longifolia, salah satu jenis bunga edelweiss yang sudah kami coba budi dayakan di ini dan berhasil. Jadi, bila ada kelompok tani atau kelompok pecinta alam yang berniat membudidayakan bunga edelweiss jenis ini di kawasan , menurut saya sangat bisa," ucapnya.

Menurut Teguh, budi daya edelweiss yang dilakukan Kelompok Tani Hulun Hyang di Desa Wonokitri karena bunga tersebut langka dan dilarang untuk diambil.

Padahal, bunga yang hanya bisa hidup di daerah pegunungan tersebut merupakan bunga yang wajib ada bila masyarakat yang hidup di lereng akan menggelar upacara adat, seperti Kasada dan lainnya.

"Hampir 80 persen upacara adat itu menggunakan bunga edelweiss. Karena bunga edelweiss merupakan bunga yang dilindungi dan merupakan bunga sakral, maka kelompok kami menyiasati dengan membudidayakan bunga edelweiss ini sejak tahun 2016 lalu," kata dia.

Ada dua jenis bunga edelweiss yang dibudidayakan, yaitu jenis Anaphalis Javanica dan Anaphalis Longifolia. Budi daya ini sebagai upaya penyelamatan bunga edelweiss.

"Orang Tengger sendiri menyebut bunga edelweiss sebagai bunga tan hana layu (bunga yang tak pernah layu)," ungkapnya.

Lihat juga video 'Hati-Hati, Ruas Jalan Menuju Gunung Bromo Longsor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO