Fenomena Astronomi pada September 2023, Ada Full Harvest Supermoon

Fenomena Astronomi pada September 2023, Ada Full Harvest Supermoon Fenomena Astronomi Pada Bulan September 2023, Ada Full Harvest Supermoon. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Fenomena astronomi akan menghiasi langit pada bulan . Full Harvest Moon akan menjadi keempat dan terakhir pada tahun 2023.

Berikut fenomena astronomi pada bulan :

1. Penampakan Jupiter dan Bulan Bungkuk

Jupiter dan Bulan Bungkuk terlihat pada tanggal 4 di bagian sisi timur laut langit. Bulan Bungkuk yang memudar artinya Bulan terlihat tidak penuh, tetapi terlihat lebih dari setengah terang.

Pada bagian sebelah kanan Bulan, terlihat bintang yang bersinar. Bintang yang bersinar terang tersebut adalah Jupiter. Jarak Bulan ke Jupiter sekitar 6 derajat.

2. Bulan kuartal terakhir

Bulan kuartal terakhir ialah Bulan yang terlihat setengah terang dari Bumi. Padahal, yang terlihat sebenarnya adalah seperempat Bulan. Hal itu dikarenakan sisa bagian Bulan yang terang berada di sisi terjauh, sehingga tidak dapat terlihat.

Fenomena tersebut akan terjadi pada tanggal 06 pukul 18.21 waktu setempat.

3. Bulan baru

Pada tanggal 14 , bulan akan memasuki fase bulan baru. Bulan baru merupakan saat yang tepat untuk melihat bintang tanpa terganggu oleh cahaya Bulan.

4. Merkurius dan Bulan kuartal pertama

Pada tanggal 22 , letak Merkurius akan berada pada jarak terjauhnya dengan Matahari. Keberadaan Merkurius tersebut dapat digunakan oleh orang-orang untuk melihatnya saat pagi hari.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO