Pilih Daging Sapi atau Kambing saat Idul Adha? Simak Penjelasan Manfaatnya

Pilih Daging Sapi atau Kambing saat Idul Adha? Simak Penjelasan Manfaatnya Pilih Daging Sapi atau Kambing saat Idul Adha? Simak Penjelasan Manfaatnya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Daging sapi atau kambing yang memiliki beragam manfaat merupakan hidangan utama ketika merayakan hari raya . Pada dasarnya daging sapi dan kambing sama-sama mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, namun kalori, kolesterol, lemak daging kambing lebih rendah dibandingkan daging sapi.

Kandungan kolesterol dalam daging kambing lebih rendah dibandingkan sapi, domba, dan ayam. Dalam 85 gram daging kambing mengandung 63,8 miligram kolesterol, sedangkan kandungan kolesterol dalam daging sapi sebesar 73,1 miligram.

Sementara itu dalam 100 gram daging kambing mengandung 1 miligram zat besi, 9,2 gram lemak, 11 miligram kalsium, dan 16,6 gram protein. Sedangkan daging sapi mengandung 2,8 miligram zat besi, 14 gram lemak, 11 miligram kalsium dan 18,8 gram protein. Walaupun kandungan lemak, kolesterol serta kalori dalam daging kambing lebih rendah dibandingkan daging sapi, bukan berarti boleh mengonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Dilansir dari Halodoc, berikut :

Sumber foto: Ist

Daging kambing mengandung zat besi yang dapat berperan mengatur suhu tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, serta produksi energi. Selain itu, daging kambing merupakan sumber B12 yang baik. Vitamin B12 dapat mendorong produksi energi dalam sel serta memaksimalkan fungsi sel saraf.

Sumber foto: Ist

Adapun daging sapi dapat mempertahankan massa otot karena mengandung protein dan asam amino yang berkualitas tinggi. Selain itu, daging sapi memiliki kandungan senyawa carnosine yang penting untuk memaksimalkan fungsi otot. Kadar carnosine yang tinggi telah dikaitkan dengan pengurangan kelelahan dan peningkatan kinerja selama olahraga. Artinya, mengonsumsi daging sapi dalam jumlah yang sesuai dapat meningkatkan peforma atletik tubuh.

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO