Petting Bisa Sebabkan Kehamilan? Simak Penjelasan Dokter ini

Petting Bisa Sebabkan Kehamilan? Simak Penjelasan Dokter ini Tangkapan layar pertanyaan terkait petting dapat menyebabkan kehamilan.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Sebuah unggahan yang cukup unik mempertanyakan terkait apakah petting berpotensi menyebabkan kehamilan ini viral di media sosial. Pertanyaan tersebut, diunggah melalui Twitter pada Minggu (3/6/2023).

“Mau nanya, no salty ya guys. Petting itu berpotensi menyebabkan kehamilan ga ya? Waktu itu aku sama pacar cuma gesek aja sekitar beberapa detik dan ga sampe masuk. Dia juga gaada keluar. Kejadiannya sehari sebelum jadwal haid. Dan sekarang aku telat haid 1 minggu tapi ga berani tes,” demikian tulisan pengunggah.

BACA JUGA:

Hingga pada Senin (5/6/2023) unggahan tersebut dibaca hingga 129.600 dan disukai hingga 308 kali.

Lantas bagaimana medis menilainya terkait petting bisa menyebabkan hamil.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi RSIA Anugerah Semarang, Indra Adi Susianto membenarkan, petting dapat menyebabkan kehamilan. Hal itu disebut dengan .

“Splash pregnancy adalah kehamilan yang terjadi akibat pembuahan di luar vagina,” ucap Indra kepada Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Menurutnya, petting sendiri merupakan proses pemanasan atau foreplay sebelum melakukan hubungan seks dengan cara menggesek-gesekkan alat kelamin.

Pembuahan ini, lanjutnya, bisa terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja, tanpa adanya penetrasi.

“Proses pembuahan ini bisa terjadi jika sperma bisa mencapai vulva (bibir vagina) atau area vagina, sehingga perempuan punya peluang untuk hamil,” terangnya.

“Jika ejakulasi tersebut sedikit masuk ke vagina, maka kesempatan untuk terjadinya hamil akan semakin besar,” ungkapnya. “Atau ada sperma di jari-jarinya dan menyentuh vagina maka bisa hamil,” sambungnya.

Dokter sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Unika Seogijapranata juga menyebut, sperma mempunyai masa hidup yang relatif sebentar, setelah dikeluarkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO