Tahu Takwa Bah Kacung, Primadona Oleh-oleh dari Kediri

Tahu Takwa Bah Kacung, Primadona Oleh-oleh dari Kediri Herman Budiono, pemilik toko oleh-oleh tahu takwa Bah Kacung generasi ketiga saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di setiap musim lebaran, puluhan perajin atau tahu kuning khas selalu mendapat berkah lebaran. Hampir semua toko penjual dan oleh-oleh khas di Jalan Yos Sudarso, seperti Bah Kacung, Poo, LTT, Matahari, GTT, LTH dan yang lain, selalu diserbu pembeli.

Namun begitu, dari sekian ratus pembeli oleh-oleh tersebut, ada yang lebih suka dengan Bahkacung. Meski harus mencari di toko oleh-oleh Bahkacung di Jalan Trunojoyo, Kota , mereka rela mendatangi toko oleh-oleh Bahkacung yang merupakan pelopor di sejak tahun 1912 lalu itu.

Irmayanti, salah satu pembeli dari Cilegon, Banten, mengaku sengaja membeli di toko Bahkacung untuk oleh-oleh keluarga dan tetangganya di Cilegon. Irma memilih karena merupakan makanan khas kediri dan banyak disukai banyak orang.

Hal senada juga disampaikan Ana Mariana, pembeli asal Semarang. Ana mengaku bila ke selalu membeli oleh-oleh khas itu.

"Dulu suami saya pernah kerja di , setiap pulang ke Semarang selalu membawa oleh-oleh . Makanya, ketika kami berkesempatan berkunjung ke lagi, kami juga beli oleh-oleh Bah Kacung ini"kata Ana.

Sementara itu, Herman Budiono, pemilik generasi ke 3, pusat oleh-oleh bahkacung, mengatakan, bahwa, di setiap lebaran, penjualan nya selalu meningkat.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO