Apel Siaga Banser Malang Raya, Siap Tangkal Radikalisme

Apel Siaga Banser Malang Raya, Siap Tangkal Radikalisme GOR Ken Arok Kota Malang kemarin dipenuhi ribuan Banser yang melakukan apel siaga untuk memperingati Harlah Ansor ke-81. (foto: iwan irawan/BANGSAONLINE)

MALANG, BANGSAONLINE.com - Barisan Serbaguna (Banser) se-Malang Raya Minggu (24/5) unjuk kekuatan. Sekitar 1.000 anggota Banser apel siaga di lapangan GOR Ken Arok. Walaupun cuaca terik menyengat, namun tak menyurutkan mereka untuk ikut apel dalam rangka peringatan Harlah GP ke-81 tersebut.

Apel siaga dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang, H Anton selaku inspektur upacara. Dalam amanatnya, wali kota menyampaikan, sebagai garda terdepan, Banser harus bisa menangkal faham radikal yang bakal masuk Malang Raya.

“Kita harus solid, merapatkan barisan, menyamakan visi- misi terhadap gerakan yang masif dan anarkis yang merongrong bumi pertiwi tercinta ini,” ujar Abah Anton menyemangati Banser.

Pesan yang lain, Abah Anton minta dukungan alim ulama NU sebagai penyemangat spiritual. “Kita tunggu fatwa-fatwa beliau agar NKRI ini tidak jatuh ke tangan kelompok yang beraliran radikal atau kepada para penjajah bangsa,” tegas abah Anton yang juga ketua DPC PKB Kota Malang ini.

Apel siaga, selain untuk memperingati Harlah Banser juga untuk persiapan pengamanan Muktamar NU ke-33 di Jombang pada Agustus mendatang.

“Kami siap menangkal radikalisme yang bakal masuk di wilayah Malang Raya. Itu kita lakukan sebagai ujud menjaga kesatuan wilayah NKRI, dengan semboyan harga mati tetap Pancasila satu-satunya ideologi bangsa Indonesia di bumi tercinta ini,” ujar H. Junaidi Ketua GP Kota Malang. Agenda lain, cucu KH Abdul Gani ini menambahkan, bulan Juni mendatang, kota Malang bakal melakukan konfercab untuk periode 2015 – 2020 kedepan.

Apel siaga dimeriahkan atraksi silat Pagar Nusa, SAKERA (Satuan Keamanan Rakyat) dengan ciri khas pakaian ala Madura plus senjata celurit dan musik seronennya. Ada juga atraksi barongsai dan kirab kesenian Lesbumi. (mlg1/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO