Kiai Asep Ungkapkan Makna Sholat Gerhana

Kiai Asep Ungkapkan Makna Sholat Gerhana Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Prof Dr KH Asep Saifuddn Chalim, MA. atau yang akrab disapa Kiai Asep.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Prof Dr KH Asep Saifuddn Chalim, MA atau yang akrab disapa Kiai Asep menjelaskan makna dari sholat . Selain itu, ada kesempatan baik melakukan ibadah-ibadah lain mulai dari sedekah, doa, hingga zikir, saat fenomena alam itu terjadi.

"Walaupun tidak diwajibkan (sunnah) tetapi bagaimana mestinya dilakukan, karena itu sangat jarang terjadi, bisa setahun sekali, dan terkadang beberapa tahun sekali. Gerhana bulan atau matahari," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (9/11/2022).

Menurut Kiai Asep, sholat bisa disikapi seperti pentingnya sholat Iduladha atau Idulfitri yang sangat jarang dilakukan. Tidak seperti sholat fardhu dan sunnah lainnya yang bisa dilakukan setiap hari. 

"Seperti sholat subuh, itu karena setelah fajar shodiq menyingsing. Bukan karena kematian ataupun kelahiran sesorang, tetapi karena waktu yang ditentukan oleh Allah SWT adanya . Momen ini juga sangat bagus untuk banyak membaca tasbih," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':