12 Makanan yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

12 Makanan yang Cocok Bagi Penderita Diabetes Ilustrasi cek gula darah dengan glukometer.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penderita penting sekali menjaga makanannya agar mencegah penyakit komplikasi yang mengarah ke jantung.

Dalam hal ini, penderita cukup memperhatikan pola makan yang mengandung kadar gula tinggi.

Dilansir Healtline.com, berikut 12 makanan terbaik untuk penderita .

1. Ikan Berlemak

Salmon, Sarden, Ikan Teri memiliki sumber asam lemak Omega 3, DHA dan EPA yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, mendapatkan cukup lemak dalam sangat penting bagi penderita yang memiliki resiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang mengkonsumsi ikan berlemak secara teratur dapat memiliki resiko terkena Jantung Koroner. Tak hanya itu, Ikan berlemak juga bisa membantu mengatur pada .

Ikan juga sebagai sumber protein yang memiliki kualitas tinggi, sehingga dapat membantu merasa kenyang dan menstabilkan kadar .

2. Sayuran Hijau

Sayuran yang hijau, seperti Kangkung, Bayam dan sayuran hijau lainnya sangat bergizi dan rendah kalori. Tak hanya itu, sayuran itu juga rendah karbohidrat yang mudah dicerna oleh . Sehingga, tidak akan mempengaruhi kadar gula secara signifikan.

Hal ini, sudah dibuktikan bahwa penderita memiliki kadar Vitamin C yang lebih rendah. Vitamin C sendiri, bertindak sebagai antioksidan kuat dan memiliki kualitas anti-inflamasi.

3. Buah Alpukat

Buah yang sangat segar ini memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit kandungan karbohidrat, memiliki kandungan serat yang tinggi serta lemak sehat. Jadi, dengan mengkonsumsi buah ini, penderita tidak perlu khawatir akan meningkatnya kadar gula.

Pengkonsumsian Buah Alpukat ini, secara tidak langsung dikaitkan dengan diet secara keseluruhan dan secara signifikan, dapat menurunkan berat badan.

Hal ini, membuat Alpukat menjadi camilan sehat untuk penderita . Terutama pada penderita yang mengalami obesitas.

4. Telur

Telur dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat) dalam .

5. Biji Chia

Biji yang satu ini adalah makanan yang sangat luar biasa bagi penderita . Sebab, memiliki serat yang sangat tinggi.

Serat kental yang ada pada biji Chia, benar-benar dapat menurunkan kadar dan memperlambat laju makanan yang bergerak melalui usus.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO