Ini Wejangan Gubernur Khofifah untuk Wabup Tulungagung yang Baru Dilantik

Ini Wejangan Gubernur Khofifah untuk Wabup Tulungagung yang Baru Dilantik Gubernur Jatim Khofifah saat melantik Wabup Tulungagung Gatut Sunu Wibowo sisa masa jabatan 2018-2023, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (2/11) sore.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik Wakil Bupati (Wabup) , sisa masa jabatan 2018-2023, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (2/11) sore.

Pelantikan yang dihadiri undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat tersebut merujuk pada Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 132.35-4873 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Provinsi Jawa Timur.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Surat Keputusan (SK)  Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pengambilan Sumpah Jabatan, serta penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pakta Integritas.

Selanjutnya dilakukan pemasangan Tanda Pangkat dan Tanda Jabatan yang diikuti pemberian Petikan Surat Keputusan Mendagri, serta pembacaan kata-kata Pelantikan oleh Gubernur Jawa Timur atas nama Presiden Republik Indonesia.

Kepada Wabup , Gubernur Khofifah berpesan agar segera melakukan persiapan dan percepatan terkait program penanggulangan kemiskinan ekstrem di wilayahnya. Pasalnya, pada tahun 2022, Kabupaten menjadi salah satu dari 30 daerah yang akan dijadikan uji coba program percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Hal itu sejalan dengan peran wakil bupati, jelas Khofifah, selain membantu tugas bupati, tugas yang melekat adalah sebagai Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD).

"Bahwa tahun depan akan ada tambah 25 kabupaten lagi, jadi nanti akan ada 30 kabupaten/kota di termasuk Kabupaten dan itu akan dimulai 2022," jelas mantan Mensos RI ini.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO