Tampung Aspirasi, Bupati dan Wakil Bupati Tuban Blusukan ke Desa

Tampung Aspirasi, Bupati dan Wakil Bupati Tuban Blusukan ke Desa Bupati dan Wabup Tuban foto bersama dengan warga. foto: Suwandi/BangsaOnline.com

TUBAN (BangsaOnline) - Sudah beberapa bulan ini Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wakil Bupati, Ir. Noor Nahar Husein kerap blusukan dan sambang disetiap desa yang ada diseleruh Kabupaten Tuban.

Selain ingin melihat prioritas pembangunan di desa, Bupati dan wakil Bupati yang didampingi Plt. Sekda Tuban, Budi Wiyana serta para forpimda itu sebenarnya ingin lebih dekat dengan masyarakat.

Bupati Tuban, H.Fathul Huda menyatakan, kegiatan tilik desa semacam ini sebenarnya sudah ingin dilakukan tiga tahun lalu. Namun, pada 2015 ini baru ada kesempatan aktifitas sambang desa. Akan tetapi, pada tahun sebelumnya lebih cenderung melakukan dialog jum’at ketiap-tiap desa saja. Beda dengan sekarang, kini tilik desanya dengan cara melihat langsung kondisi yang ada dilapangan. Sehingga, tahun ini semua desa yang tersebar di Kabupaten Tuban akan langsung dikunjungi.

“Kami turun ke desa selain untuk melihat juga mencari solusi terhadap masalah yang ditemui. Diharapakan, dengan blusukan ini ditemukan potensi setiap daerah yang berbeda antar satu desa dengan desa yang lainnya,” ujar mantan ketua PCNU Tuban ini pada BangsaOnline.com senin (23/3).

Menurutnya, salah satu hal prioritas disetiap desa adalah meningkatkan potensi yang ada. Salah satunya terkait penanaman padi, ada yang setahun sekali ada pula dua kali panen. Alangkah baiknya, panen tersebut dimaksimalkan setahun tiga kali. Bahkan, bila mungkin dibuat empat kali dalam setahun agar kebutuhan pangan di Kabupaten Tuban ini bisa tercukupi.

Namun lanjut bupati, salah satu permasalahan yang terjadi dan menghambat panen selama ini adalah masalah pengairan. Selain menggunakan air bengawan solo untuk daerah yang dekat sungai, yang jauh dari sungai pun masih berupaya mengandalkan air tanah dan mencari sumber. Kendati demikian, Bupati meminta pada masyarakat Tuban yang sebagian besar seorang petani diharap mampu dan pintar mengola lahannya secara tepat.

“Tetap harus berupaya bagaimana caranya lahan itu bisa berjalan terus dan menghasilkan atau selalu panen yang disesuaikan dengan kondisi iklimnya,” katanya.

Terpisah, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si menyampaikan, kunjungan Bupati ke desa direncanakan dapat mencakup semua desa di Kabupaten Tuban yang berjumlah 311 Desa, hal ini sesuai dengan petunjuk Bupati.

“Mengawali kegiatan yang direncanakan setiap selasa, rabu dan jum’at ini diawali di sebagian desa di kecamatan Plumpang yaitu, Desa Samben, Trutup, Kepoh Agung, Cangkring, Kedungrojo, Sambungrejo, Plandirejo, Kebomlati dan Kedung Soko,” katanya

Sementara itu, dalam blusukan itu Bupati selalu di dampingi oleh Wakil Bupati Tuban, Plt. Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas PU, Kepala Bappemas Pemdes dan KB, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Kesra, Camat dan Kepala Desa serta perangkat desa Setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO