Gelar Tinjau Lapang Secara Daring, Kota Kediri Siap Menuju 100 Smart City

Gelar Tinjau Lapang Secara Daring, Kota Kediri Siap Menuju 100 Smart City Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana (kiri) dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herwin Zakiyah serta Tim Smart City Kota Kediri saat mengikuti acara dengan join melalui aplikasi Zoom. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com menjadi salah satu kota yang berkomitmen mewujudkan gerakan menuju 100 Smart City. Program ini merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan.

Guna tercapainya program di , terdapat 6 pilar yang 5 pilar di antaranya pada Selasa (18/5/2021) kemarin, dilakukan peninjauan lapang secara daring oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun 5 pilar tersebut, meliputi Smart Economy, Smart Branding, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment. Dari masing-masing pilar terdapat beberapa program yang diunggulkan.

Pertama, Smart Economy. Program-program untuk mendorong pertumbuhan ekonomi seperti UMKM go to marketplace, fasilitas kemudahan akses modal kerja, bansos, padat karya, kartu sahabat, dan lainnya.

Pada peninjauan ini, Pemkot Kediri memilih beberapa respons dari koperasi dan UMKM di yang sudah merasakan dampak dari salah satu program, yaitu Kurnia (Kredit Usaha Melayani Warga).

Salah satunya adalah Defan Premadita. Pengusaha bidang kuliner ini mengungkapkan bahwa dengan program Kurnia, dia bisa mendapatkan bantuan pengembangan usaha.

"Alhamdulillah, adanya program Kurnia ini sangat membantu, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Usaha saya sempat merugi hingga 80%, tapi dengan bantuan Kurnia saya bisa meningkatkan omzet bahkan bisa menambah outlet," terang pengusaha muda ini saat menjawab pertanyaan dari Hary Febriansyah, Fasilitator Smart City Kemenkominfo.

Kedua, Smart Society. juga membuat program English Massive, Quran Massive, Si Jamal, Genibudujari, Posko Isolasi Mandiri, dan lainnya. Pada tinjau lapang kali ini, program unggulan yang ditampilkan adalah English Massive di rusunawa .

Ketiga, Smart Environment. membuat perwali tentang pengendalian penggunaan wadah plastik untuk mengurangi sampah plastik yang susah diuraikan, membuat TPA regional, bank sampah, dan sebagainya.

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO