Selasa, 15 Juni 2021 19:34

Mas Bup Dhito Tinjau Proyek Bandara Kediri

Minggu, 25 April 2021 09:16 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Mas Bup Dhito Tinjau Proyek Bandara Kediri
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kanan) saat meninjau proyek Bandara Kediri. (foto: kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meninjau langsung pembangunan Bandar Udara Kediri. Pengecekan terhadap Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dilakukan untuk melihat progres pembangunan bandara, sekaligus memastikan penyerapan tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

Dalam peninjauan itu, Mas Bup Dhito, panggilan akrab Bupati Kediri itu, didampingi oleh Direksi PT Surya Dhoho Investama (SDI) selaku perusahaan pelaksana pembangunan. Mas Bup Dhito menegaskan progres pembangunan sudah sesuai dengan target. Bahkan, pada awal 2023 mendatang, Bandara Kediri diproyeksikan mulai beroperasi.

"Saya komunikasi dengan Gudang Garam selaku pihak yang membangun bandara. Bahwa ada kekurangan lahan 0,4 persen dari total keseluruhan bandara. Gudang Garam sudah mengomunikasikan dengan baik dengan pihak yang terkena pembebasan dan progresnya cukup baik. Target Gudang Garam, tahun 2023 sudah mulai commercial flight," kata Mas Bup Dhito di lokasi, Sabtu (24/4/2021) sore.

Terpisah, Direktur PT SDI Maksin Arisandi mengaku, progres pembangunan Bandara Kediri berjalan sesuai target. "Saat ini total pengerjaan sudah mencapai 51 persen, dengan target kita sudah tercapai. Seharusnya sampai awal 2023 sudah selesai," kata Maksin Arisandi.

BACA JUGA : 

Peringati 100 Hari Kepemimpinan Bupati Kediri Dhito, Aliansi Penegak Demokrasi Gelar Demo

Panglima TNI: Jadikan Protokol Kesehatan sebagai Sebuah Kebutuhan

Panglima TNI dan Kapolri Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Kediri

Pemkab dan BI Kediri Launching Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah dan Tiket Wisata Non Tunai

Dia menambahkan, pengerjaan proyek bandara tersebut melibatkan langsung warga sekitar. Ada lebih dari 50 persen warga di daerah terdampak langsung proyek pembangunan bandara yang dilibatkan dalam pekerjaan tersebut. Empat desa itu meliputi Desa Jatirejo di Kecamatan Banyakan, Grogol di Kecamatan Grogol, Bulusari dan Tarokan di Kecamatan Tarokan.

"Fokusnya pemberdayaan masyarakat sekitar. Kalau ada warga sekitar yang memenuhi kualifikasi pasti dilibatkan. Karena, kenapa harus mengambil yang jauh jika ada yang dekat," tegas Maksin.

Bandara Kediri menjadi tempat penerbangan pertama di Indonesia yang dibangun 100 persen dana investasi pihak swasta, yakni PT Surya Dhoho Investama, anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk Kediri dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan bandara tersebut sekitar 300-400 hektare.

Ground breaking atau tanda dimulainya proyek Bandara Kediri dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual, pada 15 April 2020 lalu. Agenda peletakan batu pertama itu terpaksa digelar secara daring karena pandemi Covid-19. (adv/kominfo)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...