Rabu, 12 Mei 2021 02:40

Pemkab Gresik Minta Izin Mendagri, Isi Jabatan Sekda dan Kepala BPPKAD

Sabtu, 17 April 2021 14:39 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Pemkab Gresik Minta Izin Mendagri, Isi Jabatan Sekda dan Kepala BPPKAD
Sebanyak 19 pejabat eselon IIb Pemkab Gresik ketika mengikuti uji kompetensi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik telah mengirim surat ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk permintaan izin pengisian beberapa jabatan strategis yang kosong dan akan ditinggal pensiun empunya. Di antaranya adalah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), dan Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPAD).

Jabatan Sekda Gresik sendiri sudah selama 9 bulan berjalan ini diisi penjabat (Pj), setelah Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya tersandung kasus hukum. Sementara Kepala BPPKAD Siswadi Aprilianto akan memasuki masa pensiun bulan Mei 2021 mendatang.

Sejauh ini, Pemkab Gresik belum bisa memutuskan apakah jabatan kosong tersebut akan dilakukan lelang, rolling, atau sekadar sementara diisi dengan penjabat (Pj), atau pelaksana tugas (plt). Sebab, Pemkab Gresik masih menunggu izin Mendagri.

"Kami telah berkirim surat ke Mendagri untuk permintaan izin pengisian jabatan yang kosong dan pemimpinnya akan memasuki masa pensiun. Surat yang telah kami kirim beberapa minggu ini belum mendapatkan balasan," ujar Pj. Sekda Gresik, Abimanyu Ponco Atmojo Iswinarno, didampingi Kabag Humas dan Protokol Reza Pahlewi kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

BACA JUGA : 

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Bupati Gresik Izinkan Warga Salat Idulfitri di Masjid dan Lapangan Sesuai Zonasi PPKM Mikro

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

Isi Kekosongan Jabatan, Nuri Mardiana Ditunjuk jadi Plt Kepala BPPKAD Gresik

Lebih jauh Abimanyu menjelaskan, untuk pengisian jabatan Kepala BPPKAD, Pemkab Gresik telah melakukan persiapan. Mengingat, Kepala BPPKAD merupakan jabatan strategis selaku pemegang perbendaharaan Pemkab Gresik.

"Makanya, sebelum Kepala BPPKAD Siswadi Aprilianto pensiun bulan Mei tahun ini, kami telah mempersiapkan pengisiannya. Salah satunya dengan minta izin Mendagri untuk izin pengisiannya. Sejauh ini kami masih menunggu balasan surat izin yang telah kami kirim ke Kemendagri,"ujar dia.

Terkait 19 pejabat eselon IIb di lingkup Pemkab Gresik yang telah mengikuti uji kompetensi atau asesmen dalam rangka melihat kompetensi di bidangnya, Abimanyu juga masih manunggu hasil. "Diperkirakan hasil dari uji kompetensi keluar dalam bulan ini dan langsung diserahkan kepada bupati," pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 19 pejabat eselon IIb di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik melaksanakan uji kompetensi pimpinan tinggi pratama di Ruang Graita Eka Praja kantor Bupati Gresik, Kamis 8 April 2021. Ke-19 pejabat tersebut adalah, Tarso Sagito (Kepala BPBD), Abu Hasan (Kadispol PP), Achmad Washil Miftahul Rahman (Kepala DKPP), Agustin Halomoan Sinaga (Kadisparbud), Budi Raharjo (Kadiskominfo), Choirul Anam (Kadis KP), Darmawan (Sekwan), Eddy Hadisiswoyo (Inspektorat), Eko Anindito Putro (Kadis Pertanian), Ida Lailatussa’diyah (Asisten II), Khusaini (Kadispendukcapil), Malahatul Fardah (Kepala DPMD), Mokh. Najikh (Kepala DLH), Nanang Setiawan (Kadishub), Ninik Asrukin (Kadisnaker), Nuri Mardiana (Kadispora), Saifudin Ghozali (Kadinkes), Siti Jaiyaroh (Kadis Perpustakaan), dan Sutadji Rudy (Kadis Pertanahan). (hud/ns)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...