FPR dan Pemdes Bulusari Gelar Pelatihan Pembuatan Biopori Untuk Warga

FPR dan Pemdes Bulusari Gelar Pelatihan Pembuatan Biopori Untuk Warga Sujiman (kaos hitam) saat memandu pelatihan pembuatan biopori kepada warga Dusun Pojok, Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah warga di Dusun Pojok, , Kecamatan Tarokan Kabupaten , mengikuti pelatihan pembuatan , Sabtu (3/4). Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antara FPR (Forum Pojok Rembuk) dan Pemdes Bulusari.

Budiman, aktivis FPR, menjelaskan bahwa pelatihan pembuatan ini dipandu oleh Sujiman, aktivis lingkungan hidup di Kota yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan dan pembuatan .

"Pelatihan pembuatan ini dilakukan untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan yang mudah dilakukan untuk berkontribusi menjaga dan melestarikan lingkungan," kata Budiman, Sabtu (3/4).

Menurut Budiman, peserta pelatihan berjumlah 28 orang perwakilan dari 7 RT, kelompok santri liar, pemuda IPNU, SPC (Sedulur Pojok Community). Pelatihan ini digelar selama 2 hari. Materi hari pertama, Sabtu (3/4), tentang penyadaran lingkungan dan .

"Untuk hari kedua, Minggu (4/4), akan diisi praktik langsung cara pembuatan oleh peserta yang dipandu langsung Pak Sujiman. Kegiatan ini sebagai role model dengan jumlah 100 pcs," ujar Budiman.

Dengan pelatihan ini, Budiman berharap para peserta nantinya bisa menginspirasi masyarakat untuk peduli dan sadar terhadap lingkungan, mengetahui prinsip-prinsip konservasi tanah dan air, melalui penerapan .

Seperti diketahui, adalah teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan selain dengan sumur resapan. Selain untuk resapan air, juga berguna sebagai pengolah sampah rumah tangga yang dapat diterapkan di lahan pemukiman perkotaan yang sempit. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO