Pemkab Gresik Gandeng Bakorwil II Bojonegoro dan Kabupaten Sekitar Atasi Banjir Kali Lamong

Pemkab Gresik Gandeng Bakorwil II Bojonegoro dan Kabupaten Sekitar Atasi Banjir Kali Lamong Bupati Gus Yani bersama pejabat perwakilan provinsi dan kabupaten tetangga foto bersama usai rapat koordinasi penanganan Kali Lamong. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menggandeng Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) II Jawa Timur dan kabupaten sekitar untuk rapat Sinkronisasi Percepatan Pembangunan Sistem Pengendalian Tahun 2021, di ruang rapat Gedung Graita Eka Praja, Kantor Bupati Gresik, Kamis (1/4/2021).

Langkah itu lantaran di Kabupaten Gresik terhubung dengan kabupaten hulu seperti Mojokerto, Surabaya, dan Lamongan. Sedangkan di wilayah Gresik,  membentang sepanjang 54 kilometer atau 41,5 persen dari panjang keseluruhannya.

Dalam rapat ini, Gus Yani mengajak seluruh peserta yang hadir untuk lebih agresif dalam penanganan . "Sudah bertahun-tahun kami belum menemukan solusi. Semoga tahun ini bisa menjadi titik awal yang baru untuk memulai dengan progres bisa tercapai. Mari kita lebih fokus untuk penyelesaian pengendalian banjir kali lamong," ajaknya.

Dalam rapat itu, Gus Yani juga menyampaikan bahwa penyusunan dokumen Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) sudah rampung. Karena itu, ia meminta Bakorwil II untuk memfasilitasi percepatan MoU dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), serta dengan kabupaten yang lain agar penanganan bisa segera dilakukan bersama-sama.

"MoU ini diperlukan agar pihak pemkab bisa melaksanakan pekerjaan yang sifatnya darurat untuk mengatasi banjir dan disetujui oleh pihak Bakorwil dan BBWS Bengawan Solo," pungkasnya.

Sementara Kepala Bakorwil II Jawa Timur di Bojonegoro Dyah Wahyu Ernawati yang memimpin rapat mengapresiasi progres penanganan  yang dilakukan oleh Pemkab Gresik.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO