Apakah Bersalaman dengan Suami Usai Sholat Membatalkan Wudhu?

Apakah Bersalaman dengan Suami Usai Sholat Membatalkan Wudhu? Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<.

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Bagaimana hukumnya salaman dengan suami. Apa batal wudhunya? Karena sehabis shalat maghrib, suamiku tidak mau salaman karena biar tidak batal untuk shalat isya’. Terima kasih. Jawab ya Pak Kyai, karena ini selalu ganjal pikiranku. Wass. Wr. Wb. (Nina, Ngawi)

Jawab:

Pada dasarnya ulama berbeda pendapat tentang masalah apakah menyentuh wanita ajnabiyah (yang bukan mahromnya) itu dapat membatalkan wudhu atau tidak.

Pertama, ulama dari madzhab hanafiyah dan malikiyah menyatakan bahwa menyentuh kulit wanita dengan syahwat dan menikmati sentuhan itu dapat membatalkan wudhu. Maka apabila hanya sekedar menyentuh kulit saja atau sekedar tersenggol atau salaman tanpa ada unsur syahwat dan kenikmatan tidak membatalkan wudhu.

Kedua, ulama madzhab syafi’i menyatakan bahwa menyentuh kulit wanita yang bukan mahromnya dapat membatalkan wudhu, sama saja itu dengan rasa syahwat ataupun tanpa syahwat dapat membatalkan wudhu.

Para ulama mendasarkan pendapat mereka pada firman Allah yang berbunyi :

أو لامستم النساء

“Atau kalian menyentuh wanita”. (Qs. Al-Maidah [5]:6)

Ulama pada kelompok mazhab pertama mengartikan “menyentuh wanita” dengan berhubungan badan. Maka rangkaian dari berhubungan badan dari ciuman, foreplay hingga seterusnya, sejak awal proses sentuhan syahwat sudah dapat membatalkan wudhu. Namun ulama pada kelompok kedua tetap mengartikan “menyentuh wanita” dengan hanya sekedar menyentuh saja bukan berhubungan badan. Maka salaman, tersenggol dan lainnya yang bisa membuat tersentuhnya kulita pria dan wanita bukan mahromnya dapat membatalkan wudhu.

Pendapat pertama Juga didukung dengan hadis-hadis diantaranya laporan Aisyah yang menyatakan :

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO