Rabu, 14 April 2021 23:52

​ACT Kediri Siap Kirim 35 Ton Bantuan ke Daerah Bencana ke Sulbar dan Kalsel

Jumat, 22 Januari 2021 11:00 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
​ACT Kediri Siap Kirim 35 Ton Bantuan ke Daerah Bencana ke Sulbar dan Kalsel
Kepala Cabang ACT Kediri Muhamad Iwan Kurniawan (dua dari kanan). foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - ACT (Aksi Cepat Tanggap) Kediri siap mengirimkan bantuan ke daerah bencana di Mamuju, Sulawesi Barat dan di Kalimantan Selatan. Organisasi kemanusiaan yang berpusat di Jakarta tersebut akan bergerak bersama, untuk mengirimkan 1.000 ton bantuan, utamanya berupa sembako.

Muhamad Iwan Kurniawan, Kepala Cabang ACT Kediri menjelaskan ACT di Jawa Timur bersama Masyarakat Relawan Indonesia akan memberangkatkan kapal kemanusiaan yang difasilitasi TNI AL pada tanggal 30 Januari 2021 dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Adapun muatan yang diangkut oleh kapal kemanusiaan adalah kebutuhan logistik, sembako dari tiap cabang dengan kapasitas mencapai 1.000 ton. Keberangkatan pertama kapal kemanusiaan ini pada tanggal 27 Januari 2021 di Pelabuhan Tanjung Priok dan tanggal 30 Januari 2021 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk wilayah Jawa," kata Iwan, Jumat (22/1).

"Meskipun jauh dari lokasi bencana, tapi bantuan ini insyaAllah akan tersampaikan melalui kapal kemanusiaan ini. Dengan ikhtiar tiap cabang menyiapkan barang yang akan dimuat," tambahnya.

BACA JUGA : 

Tinjau Gempa di Blitar, Khofifah Minta Percepatan Validasi Data Warga Terdampak

Gempa Bumi di Malang, Kiai Asep Ajak Para Kiai Muhasabah dengan Ayat Ini

​Gubernur Khofifah Naik Motor 4 Km, Tinjau Korban Gempa di Lumajang

Petrokimia Gresik Bantu 1.000 Paket Sembako Korban Gempa Bumi Malang

"Meskipun jauh dari lokasi bencana, tapi bantuan ini insyaAllah akan tersampaikan melalui kapal kemanusiaan ini. Dengan ikhtiar tiap cabang menyiapkan barang yang akan dimuat," tambahnya.

Untuk Cabang Kediri, menurut Iwan, diamanahkan memberangkatkan 7 truk (dengan muatan 5 ton tiap truk) yang berisi logistik dan sembako yang dibutuhkan penyintas bencana. Untuk itu, pihaknya mengajak para dermawan ikut serta dalam program kapal Kemanusiaan ini dengan mengirimkan logistik dan sembako.

"Bisa berupa bahan pangan dan makanan instan, makanan siap santap dan air mineral, susu, makanan bayi fortifikasi, popok, pakaian baru untuk dewasa, anak dan bayi, obat-obatan, masker, matras, serta selimut dan terpal/selimut," katanya.

"Untuk program-program kemanusiaan di Kediri dan sekitarnya tetap jalan seperti biasa, namun fokus kami saat ini adalah ingin membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Sulawesi Barat dan di Kalimantan Selatan," pungkas Iwan yang asli Ngadiluwih, Kediri itu. (uji/ns)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...