Sabtu, 06 Maret 2021 16:10

Ini Sebab Bupati, Wabup, Kapolres, Hingga Dandim Gresik Batal Divaksin Sinovac

Jumat, 15 Januari 2021 16:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Ini Sebab Bupati, Wabup, Kapolres, Hingga Dandim Gresik Batal Divaksin Sinovac
Ketua DPRD Gresik Moh. Abdul Qodir saat divaksin Sinovac. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Gresik batal dilakukan vaksinasi Covid-19 karena tak memenuhi syarat, Jumat (15/1/21). Vaksinasi perdana di Kabupaten Gresik ini dilakukan di lantai 2 Ruang VIP Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina.

Sejumlah pejabat yang batal divaksin karena tak memenuhi syarat adalah Bupati Sambari Halim Radianto. Orang nomor satu di Pemkab Gresik ini tak bisa divaksin karena terkonfirnasi Covid-19 sejak 28 Desember 2020 dan hingga sekarang tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit (RS) di Surabaya.

Kemudian, Wabup Moh. Qosim terkendala usianya yang sudah 63 tahun. Sementara Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto dan Dandim 0817 Letkol Inf. Taufik Ismail tak bisa divaksin karena kondisinya kurang fit.

Dari sejumlah pejabat forkopimda, yang memenuhi syarat untuk divaksin adalah Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir. Ia menjadi orang pertama di Gresik yang disuntik vaksin buatan Sinovac. Selanjutnya, Wakapolres Gresik Kompol Eko Iskandar, dan Kepala Staf Kodim 0817 Mayor Inf Sugeng Riyadi.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg. Syaifudin Ghozali juga termasuk pejabat yang bisa disuntik vaksin Sinovac tersebut.

Vaksinasi itu dimulai sekitar pukul 08.20 WIB. Pejabat yang akan menjalani vaksin satu per satu duduk di meja melakukan registrasi dan verifikasi data. Kemudian pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah untuk memastikan kondisi tubuhnya benar-benar memenuhi syarat disuntik vaksin.

Lalu petugas menanyakan terkait riwayat kesehatan. Setelah itu, peserta vaksin menuju screening ketiga untuk kemudian dilakukan penyuntikan vaksin.

Pantauan wartawan di lokasi, Abdul Qodir yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam langsung menyingsingkan lengan baju kirinya saat akan divaksin. Petugas langsung menyuntikkan vaksin Sinovac.

Abdul Qodir bersyukur proses penyuntikan vaksin berjalan lancar. Menurutnya, tidak ada efek samping yang dirasakan. "Biasa agak tegang sedikit," kata Abdul Qodir usai jalani vaksin.

Dia meminta masyarakat di Gresik tidak perlu khawatir karena vaksin aman dan halal. "Alhamdulilah, aman dan mudah-mudahan sehat setelah melewati 30 menit pertama setelah vaksin," terangnya.

Usai Abdul Qodir, giliran Kepala Dinkes drg Syaifudin Ghozali yang divaksin. Ghozali juga mengaku tidak merasakan apa-apa saat disuntik vaksin. "Saya tidak terasa apa-apa saat disuntik, biasa, enak, dan santai saja," akunya.

Dalam kesempatan itu, Ghozali membenarkan bahwa Bupati Sambari Halim Radianto tak bisa mengikuti vaksin karena positif Covid-19 dan tengah menjalani perawatan. Sementara Wabup Moh. Qosim terkenda usianya yang 63 tahun.

"Untuk Pak Kapolres dan Pak Dandim tak bisa ikut vaksin perdana karena kondisi tubuh kurang fit," katanya. (hud/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...