Senin, 01 Maret 2021 07:11

Dari 5.000 Pelamar, 428 Orang Dinyatakan Lolos dan Berhak Terima SK CPNS Formasi 2019 Trenggalek

Rabu, 30 Desember 2020 16:11 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Dari 5.000 Pelamar, 428 Orang Dinyatakan Lolos dan Berhak Terima SK CPNS Formasi 2019 Trenggalek
Ratusan orang yang dinyatakan lulus tes CPNS saat mengambil SK CPNS di Kantor BKD Trenggalek. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah 428 orang yang dinyatakan lolos tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), hari ini mengambil SK CPNS di Kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Trenggalek, Rabu (30/12/2020).

Sekretaris BKD Trenggalek Drs. Nurudin Boedy Santoso mengatakan, formasi penerimaan CPNS tahun 2019 ini seluruhnya 438. Adapun yang lulus mengikuti SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) saat itu total 1.999 orang. Sementara jumlah pelamar ketika itu lebih dari 5.000 orang.

"Peserta yang lulus seleksi CPNS itu sampai sekarang 428. Sedangkan peserta CPNS yang tidak lulus seleksi kemarin 662," kata Nurudin ketika ditemui di ruang kerjanya.

Dari formasi itu, kata dia, kemudian diusulkan penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) yang selanjutnya diserahkan secara virtual oleh Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin dari Ruang Smart Center Pendopo Trenggalek kemarin.

Mereka yang telah menerima SK pengangkatan sebagai CPNS ini, sambungnya, akan mulai bekerja sesuai SMPT (Surat Pernyataan Mulai Tugas) pada awal bulan Januari 2021. Sementara TMT (Tanggal Mulai Tugas) bagi CPNS adalah 1 Desember 2020.

Adapun dari 428 orang yang telah menerima SK CPNS ini, nantinya mereka akan ditempatkan sebagai tenaga pendidikan sejumlah 250 orang, 119 orang sebagai tenaga kesehatan, dan sisanya sejumlah 59 orang akan ditempatkan sebagai tenaga teknis.

"Jadi yang terbesar adalah tenaga pendidikan, sisanya tenaga kesehatan, dan sedikit tenaga teknis," urainya.

Nurudin mengatakan, mereka yang dinyatakan lulus dan menerima SK CPNS ini memiliki usia rata-rata di bawah 35 tahun sebagaimana salah satu syarat pengangkatan CPNS tahun 2019.

Menanggapi adanya 10 formasi yang belum terisi, Nurudin mengatakan nantinya akan diusulkan melalui formasi baru di tahun berikutnya.

Sementara itu, Akbar Adiansyah (30), peserta tes yang dinyatakan lolos seleksi CPNS menyampaikan rasa syukur telah mendapat SK CPNS.

"Alhamdullilah, saya sangat bersyukur bisa lulus dan mendapat SK CPNS," ungkapnya, usai mengambil SK CPNS di Kantor BKD Trenggalek.

Dikatakan oleh Akbar, sebelum mendapatkan SK CPNS, dirinya telah mengabdi selama 6 tahun di salah satu SD di Kecamatan Trenggalek sebagai tenaga sukwan (sukarelawan).

Begitu pula dengan Anandika Rahanggi Wardanis, peserta tes CPNS lain yang dinyatakan lolos seleksi dan berhak mendapatkan SK CPNS. Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada kedua orang tuanya meski keduanya telah meninggal dunia.

"Kalau ucapan terima kasih tentunya kepada kedua orang tua yang kebetulan kedua orang tua saya sudah meninggal dunia. Ini adalah cita-cita ayah saya dahulu agar saya menjadi aparatur sipil negara," ungkapnya.

Dikatakan oleh Andika, sebelumnya dia tidak pernah bekerja di instansi mana pun karena di tahun 2019 yang lalu, dirinya baru saja menyelesaikan studi di sekolah tinggi di Kabupaten Trenggalek.

"Jadi setelah kuliah ada pendaftaran CPNS ini saya ikut dan Alhamdullilah diterima," pungkasnya. (man/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...