​Pegiat Lingkungan Kediri Raya Tanam Ratusan Pohon dan Tebar Ribuan Benih Ikan Lokal

​Pegiat Lingkungan Kediri Raya Tanam Ratusan Pohon dan Tebar Ribuan Benih Ikan Lokal Ketua Umum Gerakan Nasional Donor Pohon Kediri dr. Ari Purnomo Adi saat ikut menanam pohon. foto: (MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan pegiat lingkungan dari lintas komunitas se-Kediri Raya, Minggu (20/12/2020) kemarin, melakukan aksi di wilayah Sumber Air Klacen dan Bakung di Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Ketua Umum Gerakan Nasional Donor Pohon Kediri dr. Ari Purnomo Adi menjelaskan bahwa aksi di area sumber air ini dimaksudkan sebagai upaya menyelamatkan sumber air dari kepunahan.

"Dari hasil survei kami, sumber air di wilayah Malang Raya dan Trenggalek sudah banyak yang mati. Sedang untuk menghidupkan sumber air yang mati itu sangat sulit. Makanya, kami ingin sumber air di wilayah Kediri ini jangan sampai mati, sehingga kami melakukan aksi ini," kata dr. Ari.

Dia menuturkan, untuk kali ini bibit pohon yang ditanam sebagian besar disediakan oleh Komunitas Oleng-Oleng yang bermarkas di Desa Tunge, Kecamatan Wates. "Aksi ini akan terus kami lakukan demi menyelamatkan lingkungan hidup, khususnya di wilayah Kediri Raya," tuturnya.

Dalam aksi tersebut, juga turut dihadiri oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur CDK Trenggalek (Kediri Raya, Tulungagung, dan Trenggalek).

Agung Prasetija, Kepala Seksi Tata Kelola dan Usaha Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur CDK Trenggalek yang hadir dalam aksi tersebut sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh para pegiat lingkungan di Kediri ini yang sangat peduli lingkungan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO