Kamis, 13 Mei 2021 05:58

Panggil BKD, Komisi I DPRD Gresik Tanyakan Status Sekda Nonaktif AHW

Rabu, 25 November 2020 15:46 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Panggil BKD, Komisi I DPRD Gresik Tanyakan Status Sekda Nonaktif AHW
Jumanto dan AHW. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Komisi I DPRD Gresik, Jumanto menyatakan bahwa komisinya memanggil Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik, Nadlif, hari ini (Rabu, 25/11/2020).

Pemanggilan Kepala BKD ini, lanjut Jumanto, untuk mempertanyakan status Sekda Nonaktif Andhy Hendro Wijaya (AHW) yang kasusnya sudah inkracht (hukum tetap), setelah Mahkamah Agung (MA) memutus bebas.

"Kami panggil kepala BKD untuk menanyakan status Sekda Nonaktif AHW yang kasusnya sudah inkracht di MA dengan keputusan bebas," tegas Jumanto kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (25/11/2020).

Menurut Jumanto, Mahkamah Agung telah menolak kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Gresik dan menguatkan putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Surabaya yang memutus bebas Sekda Gresik Nonaktif Andhy Hendro Wijaya (AHW) dari dakwaan korupsi pemotongan insentif pajak pegawai di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik.

BACA JUGA : 

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Bupati Gresik Izinkan Warga Salat Idulfitri di Masjid dan Lapangan Sesuai Zonasi PPKM Mikro

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

"Makanya, dengan keluarnya putusan MA yang memutus bebas Pak AHW, apa tindak lanjut Bupati Sambari Halim Radianto sebagai atasan AHW," katanya.

"Padahal, merujuk ketentuan perundangan, bupati wajib mengembalikan status Pak AHW sebagai Sekda Gresik setelah dinonaktifkan karena terbelit kasus hukum dan jadi tahanan kota," sambung Anggota Fraksi PDIP DPRD Gresik ini.

Untuk mengembalikan status AHW sebagai Sekda Gresik, kata Jumanto, bupati harus mencabut dulu SK Nomor 887/ 04/437.73/Kep/2020 tanggal 25 Februari 2020 tentang pemberhentian sementara AHW sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) pasca ditetapkan tersangka.

"Bupati harus cabut SK tersebut terlebih dahulu, baru menerbitkan SK baru untuk pengangkatan AHW sebagai Sekda Gresik kembali," bebernya.

Jumanto menyatakan, langkah bupati saat memberhentikan sementara AHW dari PNS dan Sekda Gresik pasca yang bersangkutan menyandang status tersangka dan ditahan dalam kasus dugaan korupsi pemotongan insentif pajak di BPPKAD sudah benar.

"Langkah bupati itu sudah sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2017 Pasal 276 huruf c, di mana PNS diberhentikan sementara apabila ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana," pungkasnya. (hud/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...