Kamis, 29 Oktober 2020 18:25

Ini Terjadi di Jombang! Enam Ekor Sapi Limosin Raib dalam Semalam

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:03 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Aan Amrullah
Ini Terjadi di Jombang! Enam Ekor Sapi Limosin Raib dalam Semalam
Kuzaini di kandang sapinya di Dusun Nanggalan, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Jombang. foto: Aan Amrullah/ bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Edan! Pencurian marak di Jombang. Sabtu (17/10/2020) dini hari terjadi lagi pencurian hewan ternak berupa sapi di Kabupaten Jombang. Kali ini enam ekor hilang dalam semalam, Sabtu (17/10/20) dini hari.

Enam ekor sapi yang hilang berada di lima kandang yang berbeda di Dusun Nanggalan, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek. Peristiwa tersebut diketahui salah satu pemilik sapi, Kuzaini (43), pada pukul 05:00 WIB.

“Tahunya ya saat pergi ke kandang mau membersihkan kotoran sapi dan memberikan makan rumput. Di kandang ada enam sapi, namun yang hilang dua, jenis limosin, keduanya betina, usianya sekitar dua tahun dan satu setengah tahun. Kemungkinan hilangnya ya di atas pukul 24:00 WIB tadi,” ucapnya.

Selain Kuzaini, beberapa tetangganya juga jadi korban pencurian, seperti Sugiono (55), yang juga kehilangan sapi jenis limosin miliknya. Bandi (48), Kudin (38), dan Arifin (63), masing-masing juga kehilangan satu ekor, semuanya betina. Keseluruhan lokasi kandang jaraknya berdekatan.

Kepala Dusun Nanggalan, Arofik (50), mengungkapkan, ada total enam ekor sapi milik warganya yang hilang dicuri. Menurut dia, sapi-sapi itu dicuri dengan cara menuntunnya dari kandang menuju areal persawahan setempat yang dekat dengan jalan raya.

Jarak antara kandang sapi paling pinggir dengan jalan raya memang hanya sejauh 50 meter. Di sepanjang jalan itu, juga terlihat jelas jejak kaki sapi yang mengarah ke atas menuju jalan raya.

“Sepertinya lewat belakang dusun, lewat barongan (rumpun bambu, red). Di situ kan ada tempat pembuangan sampah dipinggir jalan raya,” tutur Arofik.

Kapolsek Diwek, AKP Chairuddin menyebut ada dugaan sapi itu dicuri di kandang dan diangkut dengan truk yang menunggu di jalan. Saat ini pihaknya masih memeriksa saksi-saksi, juga melakukan olah kejadian perkara.

“Ada keterangan dari warga yang melihat ada truk di pinggir jalan situ, kemungkinan diangkut pakai truk itu. Pelakunya diperkirakan juga lebih dari satu orang ya. Saat ini masih diselidiki, masih diperdalam juga,” pungkas Kapolsek kepada wartawan saat di TKP.

Akibat peristiwa tersebut, kerugian yang diderita seluruh korban ditaksir mencapai 96 juta rupiah. Sebab rata-rata sapi yang dicuri usianya sudah dewasa.

Dari data yang dihimpun, dalam satu bulan ini di Kabupaten Jombang telah dua kali terjadi pecurian sapi. Ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya terjadi di wilayah Kecamatan Megaluh, dengan tiga ekor sapi. (aan)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...