Persiapan Pilbup 2020, Polres Blitar Gelar Simulasi

Persiapan Pilbup 2020, Polres Blitar Gelar Simulasi Polres Blitar menggelar latihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) sebagai persiapan Pilkada 2020, Sabtu (29/8/2020).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, ada 500 personel yang disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada 2020. Pihaknya memprediksi pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Blitar 2020 berjalan aman dan lancar. Namun pihaknya tidak mau mengambil risiko sehingga pengamanan Pilkada 2020 akan dilakukan semaksimal mungkin.

"Kita menggelar Sispamkota untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan Pilkada 2020. Sehingga nanti dalam pelaksanaan Pilkada kita sudah benar-benar siap apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Fanani, Sabtu (29/8/2020).

Dalam simulasi yang digelar di halaman Mapolres Blitar, fokus pengamanan selain kantor KPU dan tempat pemungutan suara (TPS), juga pengamanan pasangan calon yang diprediksi paling rawan dari gangguan keamanan.

Simulasi dimulai dengan pengamanan massa aksi unjuk rasa saat proses kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati. Mereka terlibat bentrok dengan petugas kepolisian yang sedang menjalankan tugas pengamanan kampanye. Polisi kemudian mengevakuasi pasangan calon bupati dan wakil bupati ke tempat aman. Kemudian pengamanan dilanjutkan ke TPS serta kantor KPU. Dilanjutkan latihan praktik penghalauan massa.

"Kita mengantisipasi adanya unjuk rasa pencurian kotak suara dan adanya kerawanan lainnya," tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga memberi perhatian khusus terhadap wilayah-wilayah yang dianggap rawan. Di antaranya Kecamatan Wlingi, Gandusari, dan kecamatan yang berbatasan langsung dengan daerah lain.

"Daerah rawan yang menjadi perhatian kami diantaranya Kecamatan Wlingi, Gandusari dan kecamatan yang berbatasan langsung dengan daerah lain," jelasnya.

Pengamanan ini semua dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (ina/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO