Kawal UMKM Sidoarjo, BHS Siapkan Program Pengembangan UMKM Sayangan Kesambi

Kawal UMKM Sidoarjo, BHS Siapkan Program Pengembangan UMKM Sayangan Kesambi POTENSIAL: Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi sentra UMKM Sayangan, di Desa Kesambi, Porong, Rabu (12/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Potensi kerajinan Sayangan (peralatan dapur dan rumah tangga berbahan alumunium) mendapatkan perhatian dari Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS).

Politikus Partai Gerindra ini pun menyiapkan langkah agar UMKM Sayangan berkembang pesat. "Kalau saya nanti jadi bupati Sidoarjo, akan saya daftarkan (hak) patennya," cetus BHS saat mengunjungi sentra UMKM Sayangan, di Desa Kesambi Kecamatan Porong, Rabu (12/8).

BHS sangat mengapresiasi usaha kerajinan Sayangan di Desa Kesambi Porong tersebut. Sejumlah produk Sayangan itu, mulai dari dandang, panci dan oven kue kering, sudah layak mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) karena kualitasnya sangat bagus.

Tak heran, selain dipasarkan di Sidoarjo, produk Sayangan asal Kesambi ini sudah merambah Pasuruan, Jombang, Bondowoso, dan Probolinggo. Meski demikian, BHS berharap produk Sayangan ini juga terus dibeli oleh masyarakat Kota Delta. "Masyarakat Sidoarjo juga harus beli produk Sidoarjo," harap mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Ditegaskan BHS, sektor UMKM mampu menyumbang pendapatan nasional maupun daerah lebih dari 60 persen. Sekaligus menyokong penyediaan lapangan kerja sekitar 97 persen nasional dan 95 -96 persen lokal Sidoarjo. Jadi harus bangkit dan diperhatikan," imbuhnya.

BHS menegaskan, ada beberapa upaya yang akan dilakukannya untuk mengembangkan UMKM Sayangan ini. Selain mendaftarkan hak paten, pihaknya akan memfasilitasi UMKM Sayangan ini dapat bantuan modal dari program KUR (Kredit Usaha Rakyat). "Nanti kami siapkan tenaga pembimbing bagaimana caranya dapat kredit modal KUR," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO