Kamis, 01 Oktober 2020 12:07

Dewan Minta Juknis Terkait Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka Disosialisasikan

Senin, 10 Agustus 2020 22:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Dewan Minta Juknis Terkait Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka Disosialisasikan
Hj. Anik Maslachah, S.Pd, M.Si, Wakil Ketua DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keputusan Pemprov Jawa Timur membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) SMA, SMK, dan SLB secara tatap muka mulai tanggal 18 Agustus 2020 direspons oleh DPRD Jatim. Pihak parlemen mengimbau agar pemprov segera mensosialisasikan petunjuk teknis (Juknis) tentang KBM tatap muka di tengah pandemi Covid-19 ini.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah, meminta juknis tersebut segera disosialisasikan kepada jajaran dinas pendidikan, guru, orang tua siswa, dan masyarakat luas. "Hal itu untuk menghindari salah paham, jangan sampai masyarakat menganggap sekolah tatap muka berlaku untuk seluruh Jatim. Padahal saat ini sejumlah daerah di Jatim masih dalam status zona merah Covid-19," katanya.

"Sekolah tatap muka ini kan hanya untuk sekolah yang ada di zona hijau dan kuning. Nah, ini harus disosialisasikan jangan sampai masyarakat menganggap ini berlaku se-Jatim. Hal itu untuk menghindari kegaduhan di masyarakat," tegas Anik, Senin (10/8).

Pimpinan dewan berlatar guru ini awalnya terkejut dengan keputusan Pemprov membuka sekolah tatap muka untuk SMA/SMK maupun SLB yang berada dalam kewenangan provinsi. Karena itu ia berharap selain memastikan wilayah sekolah berada di zona kuning atau hijau, protokol kesehatan harus dilaksanakan secara ketat.

Politkus PKB tersebut berharap, pengawasan dan evaluasi terus dilakukan secara rutin oleh pihak terkait karena sifatnya uji coba. "Kalau memang aman silakan dilanjutkan, tapi bila sebaliknya, agar dihentikan dan kembali dengan sistem daring," tuturnya.

"Kita lebih berpikir kalau mudhorotnya lebih tinggi, ndak perlu keburu dan dipaksakan. Prioritasnya tetap keselamatan siswa dan guru," ujar alumni Unesa ini.

Sementara itu, Pemprov Jawa Timur ancang-ancang melaksanakan pembelajaran tatap muka bagi SMA/SMK/SLB. Pembelajaran tatap muka ini akan dilakukan uji coba secara bertahap mulai 18 Agustus 2020.

Keputusan itu mendapat lampu hijau dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui surat edaran nomor 420/11 350/101.1/2020 yang dikirim ke sekolah-sekolah SMA/SMK/SLB pada Minggu, 9 Agustus 2020. Hal ini didasari adanya keinginan dan antusiasme tinggi dari siswa dan orang tua siswa yang menginginkan sekolah tatap muka. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...