Sabtu, 19 September 2020 16:42

Berdayakan UMKM, Abdullah Abu Bakar Sampaikan Berbagai Program untuk Pemulihan Ekonomi Kota Kediri

Kamis, 30 Juli 2020 20:35 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Berdayakan UMKM, Abdullah Abu Bakar Sampaikan Berbagai Program untuk Pemulihan Ekonomi Kota Kediri
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat memaparkan berbagai program pemulihan ekonomi di Kota Kediri dalam talk show virtual bertajuk “Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah di Era New Normal”. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar memaparkan berbagai program pemulihan ekonomi di Kota Kediri dalam talk show bertajuk "Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah di Era New Normal" yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Kediri, Kamis (30/7/2020).

Selain Wali Kota Kediri, terdapat dua narasumber lain, yakni Kepala KPW BI Kediri Sofwan Kurnia dan Kepala OJK Bambang Supriyanto dengan moderator Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM Setyo Hadi.

Abdullah Abu Bakar mengatakan, kebijakan di Kota Kediri sejak awal pandemi tidak melakukan lockdown. Karena ekonomi harus tetap berjalan. Namun, wajib melaksanakan protokol kesehatan dan pembatasan kerumunan. Untuk itu, Pemkot Kediri berinovasi membuat program belanja instan dari rumah (Bi Imah). Serta ada gerakan bungkusin, yakni untuk kafe dan resto di awal pandemi juga hanya diperbolehkan untuk take away.

"Kita ingin ekonomi tetap berjalan di masa pandemi ini. Karena di Kediri ini yang banyak sektornya UMKM. Masyarakat di Kediri ini sangat padat sekali, mereka tinggal itu rapat, sehingga risiko penularan di Kota Kediri ini jauh lebih tinggi daripada di Kabupaten Kediri. Akhirnya, kita bikin gerakan-gerakan ini," ujarnya.

Lanjut wali kota, Pemerintah Kota Kediri juga melakukan pemberdayaan masyarakat, pemberian bantuan, dan pembebasan pajak. Untuk mempertahankan roda perekonomian tetap berputar serta menjaga daya beli masyarakat, Pemerintah Kota Kediri meluncurkan Kartu Sahabat (Santunan Hadapi Bencana Tunai).

Selain itu, bantuan dari dermawan juga banyak yang penyaluran dan penghimpunannya akhirnya melibatkan lembaga nirlaba, diwadahi oleh sinergi jaring pengaman sosial (Si Jamal). Ada juga kebijakan untuk membebaskan pajak daerah bagi resto dan hotel yang tidak mem-phk karyawannya.

"Kita juga memberikan order masker tenun kepada pengrajin tenun ikat. Karena banyak pengrajin tenun ikat di Kota Kediri, jadi kalau maskernya hanya pakai kain biasa, kasihan mereka. Maka dari itu kita match-kan. Jumlahnya puluhan ribu bahkan ratusan ribu," jelas Mas Abu-sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Mas Abu juga mengungkapkan bahwa dirinya juga melakukan review produk UMKM melalui akun Instagram pribadinya. Pandemi ini mengharuskan tiap orang mengurangi keluar rumah. Dampaknya penjualan offline menurun.

"Alhamdulillah, setelah di-review omzet produk mereka bertambah," ungkapnya.

Memasuki tahap adaptasi atau prakondisi New Normal, Pemerintah Kota Kediri mengeluarkan Perwali Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Hiburan dan Perdagangan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Perwali ini sebagai dasar bagi Satpol PP, Polri, dan TNI untuk menertibkan usaha-usaha yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Untuk sementara arena olahraga dan tempat wisata belum buka dulu. Yang boleh buka yang berisiko rendah, namun memiliki dampak ekonomi tinggi," imbuh Mas Abu.

Adapun untuk recovery ekonomi, masih kata Mas Abu, Pemerintah Kota Kediri juga membuat berbagai program untuk pelaku usaha agar dapat menjual produknya secara online. Hal ini dilakukan untuk percepatan UMKM Kota Kediri. Di antaranya migrasi UMKM ke pemasaran digital, mendorong kegiatan ekonomi secara virtual, dan menyiapkan platform digital untuk UMKM.

"Kita sudah lakukan pelatihan foto produk UMKM dan digital marketing. Ada pula pameran virtual dan kita juga buat platform Mall UMKM Kediri. Ada juga ngamen virtual. Kami sadar recovery ekonomi ini tidaklah mudah, untuk itu kita semua harus berkolaborasi," pungkas Mas Abu. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...