Beri Bantuan Bibit, BHS Ingin Kampung Jamur Wadungasih Kembali Tumbuh

Beri Bantuan Bibit, BHS Ingin Kampung Jamur Wadungasih Kembali Tumbuh Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat mengunjungi Kampung Jamur di Desa Wadungasih, Kecamatan Buduran, Kamis (16/7/2020). (foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono (BHS) terus blusukan ke sejumlah desa di Sidoarjo yang memiliki potensi khas. Salah satunya mengunjungi Kampung Jamur di Desa Wadungasih, Kecamatan Buduran, Kamis (16/7/2020).

Dalam kunjungannya itu, BHS memberikan bantuan pengadaan bibit jamur tiram dan water spray (alat penyemprot air). "Semoga budi daya jamur ini akan berkembang lagi. Saya berikan bantuan dana untuk mengembangkan, termasuk alat spray untuk mengatasi masalah cuaca, terutama saat musim kemarau yang pasti kering dan membutuhkan serbuk air, supaya kondisinya lembap," cetus Politikus Gerindra ini.

BHS menjelaskan, budi daya jamur memiliki potensi bagus. Sebab, jamur makanan sehat yang kaya berbagai nutrisi.

Diketahui, jamur memiliki sumber mineral dan vitamin yang meliputi kalium, fosfor, magnesium, natrium, vitamin C, niasin, riboflavin, tiamin, folat, dan vitamin D.

"Tolong disampaikan ke publik, karena jamur tiram putih ini, punya khasiat yang sangat luar biasa. Pertama bisa memperbaiki jantung kita. Bisa memperbaiki kerusakan akibat kanker," bebernya.

Selain itu, jamur bisa mencegah diabetes. Sebab, jamur rendah energi. Jamur tidak memiliki lemak, tanpa kolesterol, kadar karbohidrat yang sangat rendah, kandungan protein tinggi, dan banyak vitamin, serta mineral. Jamur juga mengandung banyak air dan serat, serta mengandung insulin alami dan enzim yang membantu memecah gula atau pati dalam makanan.

"Ini potensinya bagus. Kalau saya diamanahi sebagai bupati, saya harus ikut mengawal keberlangsungan usaha budi daya jamur tiram ini," tegas Mantan Anggota DPR RI Periode 2014-2019 ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO