Minggu, 09 Agustus 2020 07:08

Amankan 9 Tersangka Kasus Narkoba, Polres Blitar Kota Ungkap Jaringan Lapas

Jumat, 26 Juni 2020 22:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Amankan 9 Tersangka Kasus Narkoba, Polres Blitar Kota Ungkap Jaringan Lapas
Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela beserta jajaran sedang menunjukkan barang bukti dalam rilis pers, Jumat (26/6/2020).

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Selama dua pekan, Polres Blitar Kota berhasil mengungkap 8 kasus peredaran narkoba. Dari 8 kasus ini diamankan 9 tersangka dengan rincian, 6 tersangka kasus tindak pidana narkotika jenis sabu, 1 ekstasi, dan 1 pengedar pil dobel L.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya 9 poket sabu dengan berat 20 gram, 342 butir pil dobel L, 2 butir pil ekstasi, 3 buah timbangan dan alat pakai hisap sabu, uang hasil transaksi Rp 1.350.000 dan 9 buah handphone berbagai merek.

"Sembilan tersangka ini kita tangkap selama dua pekan terakhir. Dari 9 tersangka ini ada 8 kasus.6 kasus tindak pidana narkotika jenis sabu, satu pil ekstasi dan satu peredaran obat keras dobel L," jelas Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Jumat (26/6/2020).

Dari 8 kasus ini ada dua yang menonjol. Pertama, kepemilikan pil ekstasi oleh seorang sopir truk antar provinsi. Dia adalah Heri Siswanto (36), warga Jalan Melati Kota Blitar. Heri berhasil diamankan Reserse Narkoba Polres Blitar Kota dengan barang bukti dua butir pil ekstasi. Heri diketahui juga merupakan residivis kasus serupa.

"Ekstasi ini disita dari tersangka Heri Siswanto. Pengakuannya dia mendapatkan ekstasi ini dari rekannya di Lampung. Karena yang bersangkutan adalah sopir antar provinsi," ujarnya.

Selain pil ekstasi, Polres Blitar Kota juga berhasil mengungkap kasus peredaran sabu dari jaringan Lapas Porong Sidoarjo. Tersangka atas nama Edy Susilo (49), warga Jalan Cemara Kota Blitar disita hampir 10 gram sabu. Edy menggunakan kurir atas nama Dedy (39), warga Perum Taman Janti, Kota Malang yang ternyata menyuplai barang haram itu dari pelaku di Lapas Porong Sidoarjo.

"Setiap kali transaksi dia membeli sekitar 10 gram. Jaringan tersangka Edy mengaku dikonsumsi sendiri sampai habis lalu begitu habis, dia pesan kembali. Ini sudah berlangsung cukup lama," terangnya.

Seluruh tersangka melanggar Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (ina/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...