Forkopimda Sidoarjo Berharap Semangat Kampung Tangguh Terus Ada

Forkopimda Sidoarjo Berharap Semangat Kampung Tangguh Terus Ada Wabup Nur Ahmad memukul kentongan tanda diluncurkannya Kampung Tangguh Desa Bendotretek.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya gotong royong warga dalam menciptakan ketangguhan wilayahnya melawan Virus Covid-19 patut diapresiasi. Dari beberapa yang sudah terbentuk, terbukti ampuh menangkal penyebaran virus tersebut.

Seperti halnya yang tergambar saat Forkopimda Sidoarjo hadir dalam peluncuran Kampung Tangguh Desa Bendotretek dan Jati Alun-alun, Prambon, Sidoarjo, Kamis (19/6/2020) malam.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin bersama Kapolresta Sidoarjo dan Dandim 0816 Sidoarjo, melihat langsung bagaimana upaya warga setempat dalam membentuk ketangguhan melawan Covid-19. 

Yakni dengan adanya poskesdes (Pos Kesehatan Desa), koperasi desa, lumbung pangan, panel data dampak Covid-19, pos check point, hingga adanya satgas-satgas .

Wabup Nur Ahmad menyampaikan bahwa pemerintah bersama TNI-Polri sangat mendukung upaya warga dalam membentuk Kampung Tangguh. Tujuannya agar wilayah semakin kuat, semakin tangguh, serta guyub dalam gotong royong di tengah pandemi Covid-19.

“Karenanya kami mengajak masyarakat agar satu persepsi, meneruskan ini meskipun nanti sudah tidak adanya Covid-19. Karena kegotongroyongan itu sangat penting dijaga baik di wilayah desa dan perkotaan,” imbau Cak Nur, sapaan Wabup Sidoarjo ini.

Hal senada juga disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji. Kampung Tangguh Semeru baginya adalah program sangat bagus untuk mewujudkan ketangguhan segala aspek. Tidak hanya tangguh kesehatan, keamanan, pangan, namun juga banyak ketangguhan yang dapat diciptakan dari adanya ini.

Begitu pula Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi. Menurutnya, satu hal yang membanggakan dalam di desa-desa ini adalah kegotongroyongan serta keguyuban warga dalam menjaga wilayahnya. 

"Inilah yang harus terus lestari agar tetap ada, jadi tidak hanya ada saat pandemi Covid-19 saja," pesannya. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO