Puji Surabaya Tangani Covid-19, Kepala BNPB Berharap Pasien Sembuh Donorkan Plasma

Puji Surabaya Tangani Covid-19, Kepala BNPB Berharap Pasien Sembuh Donorkan Plasma Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo saat memberikan sambutan disaksikan Wali Kota Risma dan Menkes dr Terawan. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana () Pusat, Letjend TNI Doni Monardo memuji langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam menangani wabah Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Balai Kota Surabaya bersama Menteri Kesehatan Letjend TNI (pur) Dr. dr Terawan Agus Putranto.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan bahwa Pemkot Surabaya sudah melakukan langkah-langkah yang sangat baik. Peningkatan kasus terkonfirmasi yang dialami Surabaya merupakan buah kerja keras dalam melakukan tracing dan pengambilan sampel di berbagai lingkungan masyarakat.

“Tentunya tak mudah untuk mendapatkan informasi daerah yang kawasannya banyak yang positif. Ini langkah yang strategis dan sangat cerdas,” terangnya, Selasa (2/6).

Mantan Danjen Kopasus ini berharap, pasien yang saat ini dirawat kemudian sembuh, agar mendonorkan plasmanya kepada pemerintah untuk pengobatan pasien yang sakit berat. Berdasarkan data pemerintah kota, sebanyak 226 kasus kematian akibat Covid-19 memiliki riwayat penyakit penyerta.

Oleh karena itu, ia meminta agar jenis penyakit penyerta itu dipelajari, kemudian diinformasikan ke masyarakat agar berhati-hati. Menurutnya, di Jawa Timur itu penyakit penyerta yang paling tinggi adalah diabetes, kemudian hipertensi. “Makanya, yang memiliki diabetes harus diingatkan agar berhati-hati,” tuturnya.

Lihat juga video 'Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO