Rabu, 08 Juli 2020 07:39

Seputar Agenda DPRD Lamongan, Mulai Hearing Soal RS Covid-19 hingga Sidak ke Gudang Bulog

Senin, 25 Mei 2020 16:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nurqomar Hadi
Seputar Agenda DPRD Lamongan, Mulai Hearing Soal RS Covid-19 hingga Sidak ke Gudang Bulog
Komisi C dan D DPRD Lamongan saat hearing soal pembangunan RS Covid-19 bersama warga.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi C dan Komisi D DPRD Lamongan melakukan hearing bersama warga Kelurahan Tumenggungan, Kecamatan Lamongan terkait keluhan pembangunan RS Covid-19 di wilayah setempat.

Perwakilan warga Kelurahan Tumenggungan mengatakan pihaknya menolak adanya RS darurat Covid-19 karena khawatir dan resah lantaran di sekitar area RS Covid-19 juga terdapat permukiman warga. 

“Sehingga banyak warga yang takut akan terkena dampak dari pendirian RS Covid-19 tersebut. Tanah aset kelurahan juga sudah sangat menipis sejak adanya pendirian beberapa bangunan di kelurahan kami. Jangan sampai tanah aset kelurahan kami ini habis tidak tersisa,” ujar Nur Salim.

Ketua Komisi D Abdus Shomad juga sudah menyampaikan dalam rapat dengan OPD terkait beserta Komisi C, bahwa lokasi pembangunan rumah sakit (ruang isolasi) Covid-19 itu dikaji ulang. Dikarenakan, ketika muncul penolakan, maka harus dikaji ulang dan mencari solusi jalan keluar.

“Karena kami melihat ada komunikasi yang belum cair antara pihak pemerintah dengan warga sekitar, sehingga penolakan-penolakan itu terjadi,” ujarnya.

“Untuk sementara itu yang bisa kami sampaikan, dengan tetap membawa hasil rapat tadi ke rapat pimpinan DPRD Lamongan,” tambahnya.

Selain menggelar hearing dengan warga, Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan melaksanakan hearing dengan Perwakilan PMII Kabupaten Lamongan.

Hearing yang dipimpin oleh Ketua Komisi D Abdus Shomad di ruang banggar DPRD Lamongan ini terkait keterbukaan data anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Lamongan.

Menurut Syamsyudin, perwakilan PMII Lamongan, bahwa kebijakan pembagian nasi kotak oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan kepada masyarakat tidak tepat sasaran. Selain itu, PMII juga mengkritisi partisipasi anggota DPRD dalam menangani permasalahan Covid-19 di Kabupaten Lamongan

Menanggapi pertanyaan dari PMII Lamongan, Ketua Komisi D Abd. Shomad mengatakan bahwa penanganan Covid-19 ditangani oleh tim gugus tugas kabupaten. Untuk itu, DPRD beberapa waktu lalu sempat menginisiasi terbentuknya pansus agar bisa bermitra dengan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Pantau Ketersediaan Bahan Pokok

Di sisi lain, Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan melaksanakan sidak di CV. Semangat Jaya Makmur dan Gudang Bulog baru Karangkembang Babat. Sidak yang dipimpin oleh Ketua Komisi B Noor Fatonah terkait Pemantauan Kelangkaan Kebutuhan Bahan Pokok di masa Covid-19 dan bulan Ramadan.

Dari hasil sidak di CV. Semangat Jaya Makmur, bahwa suplai gula diperoleh distributor tidak hanya dari KTM saja, tetapi juga berasal dari daerah luar Lamongan. Jika hanya mengandalkan stok dari KTM saja, tidak akan mencukupi untuk kebutuhan pesanan pembelian gula di Lamongan. Sebab, dalam sehari penjualan gula bisa mencapai 100 ton. Selain itu CV. Semangat Jaya telah memiliki mesin untuk membuat kemasan gula kiloan.

"Kami di Komisi B siap memberikan dukungan berupa rekomendasi kepada KTM agar suplai gula untuk distributor di Lamongan lebih diperbanyak yang otomatis berpengaruh terhadap harga gula supaya lebih stabil," ujar Noor Fatonah.

Usai melakukan sidak di CV. Semangat Jaya Makmur, Komisi B juga meninjau di Gudang Bulog baru di Karangkembang Babat. Dari tinjauan Komisi B diketahui bahwa Bulog mengalami permasalahan terkait harga jual beras dari petani yang tinggi di atas Harga Pokok Pemerintah (HPP) yang menyebabkan Bulog sulit melakukan pembelian.

Di akhir sidak, Noor Fatonah yang juga politisi F. Demokrat ini menyampaikan akan terus memantau perkembangan ketersediaan barang serta kestabilan harga. (qom/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...