Sabtu, 31 Juli 2021 02:25

173 Desa di Sidoarjo Rampung Salurkan BLT-DD

Kamis, 21 Mei 2020 19:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
173 Desa di Sidoarjo Rampung Salurkan BLT-DD
SIMBOLIS: Penyerahan BLT-DD di Desa Trompoasri Kecamatan Jabon, Rabu (20/5) lalu. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 173 desa dari 322 Desa di Kabupaten Sidoarjo telah rampung mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) hingga Kamis (21/5). 

BLT DD tersebut telah diberikan kepada sebanyak 16.751 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total BLT-DD sebesar Rp 10,113 miliar.

Data tersebut disampaikan oleh Tim Pendamping Profesional Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kabupaten Sidoarjo.

Pada penyaluran BLT DD pada Rabu (20/5) lalu, terdapat dua kecamatan yaitu Jabon dan Taman yang melakukan proses penyaluran secara serentak, masing-masing 15 desa.

BACA JUGA : 

Kejar Target Pendapatan Pajak, BPPD Sidoarjo Bertahap Pasang Alat Perekam Transaksi

Terpelanting 50 Meter Tak Pakai Helm, Pemuda di Sidoarjo Tewas Seketika

Kepergok Curi Elpiji di Sidoarjo, Warga Menganti Jadi Bulan-bulanan Warga

Dilengkapi Dapur Jamu, Dandim Sidoarjo Apresiasi Kampung Tangguh di Krian

Koordinator Tenaga Ahli TPP P3MD Kabupaten Sidoarjo, Ulul Azmi menyampaikan, hingga Kamis (21/5) pukul 13.49 WIB, BLT-DD Center Sidoarjo, 60 persen desa di Sidoarjo atau 173 desa dari 322 desa, telah menyalurkan BLT DD dengan nilai Rp 10,113 miliar.

“KPM yang menerima mencapai 16.751 KK dari 19.853 KPM yang saat ini telah diverifikasi. Insya Allah targetnya BLT-DD tahap 1 di Kabupaten Sidoarjo bisa tersalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri akhir pekan ini,” cetus Ulul dalam rilisnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (21/5).

Secara khusus, Ulul memberikan apresiasi kepada Kecamatan Jabon dan Taman yang pada Rabu (20/5) kemarin, berhasil melakukan prosesi penyaluran BLT DD secara serentak dengan masing-masing 15 desa yang menyalurkan anggaran yang bersumber dari Dana Desa itu.

“Jabon dan Taman sudah menuntaskan BLT-DD tahap 1 nya, semoga kecamatan-kecamatan lainnya bisa segera mengikuti. Terima kasih kepada TPP P3MD Jabon dan Taman, juga pada teman-teman pendamping di kecamatan lain yang hingga kini masih bergelut bertugas tanpa kenal lelah,” ungkap Ulul.

Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Jabon, Ahmad Fauzi menyampaikan, pihaknya bersama seluruh TPP P3MD Jabon telah dibantu penuh oleh semua perangkat desa, khususnya organ Paguyuban Kades Kecamatan Jabon, serta seluruh staf kecamatan yang telah bekerja sama dengan bersinergi penuh sehingga seluruh desa bisa menyalurkan BLT-DD-nya.

“Ini kerja bersama sehingga seluruh KPM yang berjumlah 1.778 KK bisa mendapatkan penyaluran BLT-DD. Semoga dana tersebut bisa bermanfaat,” cetus Fauzi.

Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Jabon yang juga Kades Trompoasri, Syamsul memberikan apresiasinya kepada kinerja TPP P3MD di wilayah Kecamatan Jabon yang sudah bersama-sama menyukseskan proses penyaluran BLT DD tahap 1 di semua desa di Kecamatan Jabon.

“Alhamdulillah, BLT DD untuk 15 desa di Kecamatan Jabon bisa tersalur bersamaan dengan nilai manfaat Rp 3,2 miliar lebih yang diterima 1.778 KK. Ini merupakan hasil kerja bareng Pemdes, Kecamatan, dan TPP P3MD semuanya. Terima kasih khusus kepada Pak Azis Muslim selaku Camat Jabon yang telah melakukan verifikasi faktual bagi seluruh KPM BLT-DD,” tegas Syamsul.

Secara Khusus Kades Trompoasri itu berpesan kepada para penerima manfaat BLT DD agar bisa memanfaatkan dana tersebut untuk keperluan yang dibutuhkan, bukan untuk digunakan pada kebutuhan yang tidak perlu.

“Jangan digunakan untuk beli HP, tetapi gunakan untuk keperluan penyambung hidup, kebutuhan-kebutuhan yang punya kemanfaatan tinggi dalam menopang hajat keluarga,” ungkapnya.

Syamsul juga menyampaikan bagi KPM yang menderita penyakit kronis dan tidak bisa hadir ke balai desa, pihaknya juga memberikan kemudahan untuk melakukan proses pencairan dengan mendatangi ke rumah-rumah penerima. (sta/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...