Pemkab Pamekasan Sediakan Tempat Cuci Tangan di Semua Pasar Tradisional

Pemkab Pamekasan Sediakan Tempat Cuci Tangan di Semua Pasar Tradisional Tempat cuci tangan di Pasar Gurem, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona, memasang tempat cuci tangan beserta tandonnya di seluruh pasar tradisional dan kompleks pertokoan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengatakan, disediakannya tempat cuci tangan dan sabun di semua pintu masuk pasar ini sebagai upaya dini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kami juga sudah melakukan kebijakan pemantauan ketat terhadap setiap kendaraan yang hendak masuk ke Pamekasan melalui 5 pintu masuk, juga menerapkan physical distancing untuk mencegah keramaian dan berkumpulnya banyak orang," ujar politikus PKB tersebut.

"Ini bentuk kepedulian kami untuk menjaga dan memastikan kesehatan warga Pamekasan agar tidak ada lagi yang terpapar virus corona," katanya. 

Sementara menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Imam Hidajat, semua tempat cuci tangan beserta tandonnya sudah didistribusikan sejak Rabu (15/04/20) lalu.

Tempat cuci tangan dan tandon tersebut diletakkan di semua pintu masuk pasar yang berada di seluruh wilayah Pamekasan. Setiap pasar, kata Imam, dapatnya tidak sama bergantung dari luasnya pasar.

Misal seperti Pasar Pakong yang cukup luas, mendapat sebanyak 3 tempat cuci tangan beserta tandonnya.

"Yang dapat satu tempat cuci tangan itu pasar kecil seperti Pasar Batu Bintang dan Pasar Dhuwek Tenggi," kata Imam saat dihubungi melalui media WhatsApp, Minggu (19/04/20).

Dengan adanya alat tersebut, setiap pedagang dan pengunjung pasar diwajibkan cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam pasar. "Begitu juga setelah belanja dan mau pulang dari pasar harus melakukan hal yang sama," ujarnya.

Adapun distribusi sebanyak 25 tempat cuci tangan beserta tandonnya yang sudah dilakukan Disperindag, meliputi:

1. Pasar Kolpajung mendapat 3 tempat cuci tangan.

2. Pasar Gurem Lama mendapat 1 tempat cuci tangan.

3. Pasar Gurem Baru mendapat 1 tempat cuci tangan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO