​Satu Warga Positif Covid-19, Bupati Pacitan Minta Perketat Pos Perbatasan

​Satu Warga Positif Covid-19, Bupati Pacitan Minta Perketat Pos Perbatasan Bupati saat menggelar jumpa pers di halaman wingking (halking) rumah jabatan Bupati Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Indartato, minta pos Covid-19 di enam titik perbatasan pintu masuk diperketat. Enam pos itu di Cemeng, Gelonggong, Kecamatan Donorojo, Jeruk Kecamatan Bandar, dan juga yang dari arah Utara, yakni di Gemaharjo Kecamatan Tegalombo.

Pernyataan itu ia sampaikan seiring ditetapkannya satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil uji swab dari Kementerian Kesehatan, Kamis (9/4) petang kemarin.

"Kami harapkan semua pos jaga di perbatasan untuk lebih diperketat lagi, terutama para pendatang dari zona merah," ujar Bupati saat menggelar jumpa pers di halaman wingking (halking) rumah jabatan Bupati .

Indartato juga meminta agar sinergi antara bidang gugus tugas untuk lebih diperkuat. Terutama bagi petugas medis, TNI/Polri, BPBD, Dinas Perhubungan dan juga Dispendukcapil.

"Masyarakat kami harap tetap tenang jangan panik, namun tetap waspada jaga jarak fisik (physical distancing) dan tetap tinggal di rumah. Jangan keluar rumah kalau tidak mendesak," pesannya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini jumlah pendatang ke , tercatat lebih dari 25 ribu orang. Mereka tersebar di 12 kecamatan dan 171 desa/kelurahan. Mayoritas para pendatang tersebut berasal dari Jakarta dan beberapa lainnya dari Sumatera serta kota-kota besar di Jawa.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab , Rachmad Dwiyanto mengimbau agar gerakan pemakaian masker tetap dilaksanakan. Ia juga meminta agar masyarakat untuk tetap tinggal di rumah.

Menurut Rachmad, masker merupakan salah satu sarana untuk meminimalisir tertularnya virus SARS-CoV-2. Selain juga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum makan, atau sebelum menyentuh mulut, hidung, serta mata. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO