Putus Penyebaran Covid-19, Bupati Fadeli Instruksikan Kades Siapkan Ruang Isolasi

Putus Penyebaran Covid-19, Bupati Fadeli Instruksikan Kades Siapkan Ruang Isolasi Bupati Fadeli dan Sekda Yuhronur Efendi saat bertemu wartawan Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fadeli mengambil langkah serius terkait pencegahan virus Corona atau . "Seluruh Kepala Desa saya instruksikan harus menyiapkan ruang isolasi," ujar Fadeli saat bertemu dengan wartawan di ruang kerjanya, Minggu (5/4) siang.

Menurut Fadeli, dalam instruksi tersebut, kepala desa harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama langkah-langkah yang bisa diambil untuk memutus penyebaran .

"Virus ini tidak pandang bulu, sehingga harus dilakukan antisipasi secara menyeluruh, mulai rumah sakit, hingga desa harus menyiapkan ruang isolasi agar tidak terjadi penyebaran," ujarnya.

Dijelaskan Fadeli, kini sudah dalam situasi merah yang telah dikeluarkan 2 hari lalu. Di yang sudah positif sebanyak 10 orang.

"Dengan penyebaran 10, dan sudah ada yang meninggal sebelum ditetapkan positif ada 2, dari kecamatan Turi dan Kedungpring," jelasnya.

Oleh karena, itu tambah Fadeli, Kabupaten saat ini mengajukan PSBB. "Kami usulkan kemarin, dan sudah memenuhi persyaratan PSBB. Seperti penyebaran ada pada 27 kecamatan, dan juga sudah melakukan pencegahan seperti memberhentikan sekolah dengan belajar di rumah, mengajak semuanya bekerja di rumah, juga beribadah di rumah," katanya.

"Berbagai kriteria itu kita laporkan ke Kementerian Kesehatan sesuai dengan Permenkes nomer 20 2020. Sehingga hari ini kami mengusulkan menjadi PSBB, apakah Kabupaten memenuhi kriteria itu," paparnya.

Ia berharap penyebaran virus Corona tidak akan tambah besar dengan upaya Pemerintah Daerah yang terus berjalan sampai ke desa-desa di Kabupaten .

"Saya mohon kesadaran masyarakat desa yang pendatang, kita harapkan kalau tidak benar-benar terdampak, kalau perlu tak usah pulang ke dulu," pungkasnya.

Turut mendampingi Bupati Fadeli, Sekda Yuhronur yang juga Ketua Gugus Tugas penanganan Kabupaten , Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat (Jubir),  dan sejumlah Kepala OPD Pemkab . (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO