Sabtu, 11 Juli 2020 04:21

Plt. Kadinkes: Berjemur Tidak Bisa Obati atau Cegah Covid-19

Rabu, 25 Maret 2020 14:44 WIB
Editor: .
Plt. Kadinkes: Berjemur Tidak Bisa Obati atau Cegah Covid-19
Trihadi Hendra Purwaka, Plt. Kepala Dinkes Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, mengomentari kabar yang beredar di WhatsApp, bahwa berjemur di bawah sinar matahari bisa mengobati atau mencegah terjangkitnya virus Corona.

Menurutnya, hal itu hanya mitos yang berkembang di masyarakat. Hendra menjelaskan, berjemur di bawah sinar matahari tidak bisa mematikan virus Corona.

"Berjemur di bawah matahari bisa dibilang pengobatan palsu terkait virus Corona yang telah dipatahkan WHO. Mitos lainnya adalah mengonsumsi bawang putih dan minum air setiap 15 menit. Ini juga tidak bisa diyakini kebenarannya," kata Hendra melalui ponselnya, Rabu (25/3).

Menurutnya, yang lebih penting adalah tetap menjaga stamina tubuh dengan olahraga teratur, istirahat cukup, dan tidak terlalu lapar atau haus.

"Selain itu, jaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun. Kalau mengalami gejala seperti demam, batuk kering, napas pendek, dan kelelahan, kami anjurkan untuk segera menghubungi pihak medis terdekat sembari melakukan tindakan isolasi diri," tandasnya. 

Mengutip dari Kompas.com, dokter ahli gizi dan magister filsafat, Dr. dr. Tan Shot, Yen M.Hum juga membantah pemahaman bahwa berjemur badan di bawah sinar matahari secara langsung bisa mematikan virus Corona yang ada di dalam tubuh, ataupun yang sekadar menempel.

"Berjemur badan atau menjemur atau kena matahari itu tidak sama dengan bayangan menggoreng virusnya," kata Tan.

Diakui Tan, memang ada kuman yang mati saat terpapar sinar ultraviolet dan direbus dengan suhu tinggi. Akan tetapi, tidak benar bahwa dengan berjemur di bawah sinar matahari, maka virus corona yang ada di dalam tubuh orang bisa mati.

"Berjemur badan (di bawah sinar matahari) itu tidak mematikan kuman yang ada di dalam tubuh atau yang menempel di tangan kita," tuturnya.

Hanya saja, ia mengatakan menjemur badan di bawah sinar matahari yang tepat dapat menghasilkan vitamin D3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin D3 ini hanya bisa didapatkan dan dihasilkan di dalam tubuh tanpa overdosis dari cahaya matahari pagi.

Vitamin D3 dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat. 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...