Senin, 30 Maret 2020 23:22

Tafsir Al-Isra 82: Nabi Meruqyah Diri Sendiri, Tapi Wafat Juga

Jumat, 20 Maret 2020 10:45 WIB
Editor: Redaksi
Tafsir Al-Isra 82: Nabi Meruqyah Diri Sendiri, Tapi Wafat Juga
Ilustrasi

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

82. Wanunazzilu mina alqur-aani maa huwa syifaaun warahmatun lilmu/miniina walaa yaziidu alzhzhaalimiina illaa khasaaraan.

Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.

TAFSIR AKTUAL

Bunda A'isyah R.A. meriwayatkan, bahwa ketika Rasulullah sakit, beliau membaca surah al-Mu'awwidzatain, al-Falaq dan al-Nas. Lalu meniupkan ke badan beliau. Hadis itu membahasakan tiupan dengan dua lafadh. Satu riwayat pakai kata "Tafala" dan riwayat lain pakai kata "Nafatsa".

Bedanya, kalau TAFALA itu tiupan yang disertai ada percikan air ludah, sedangkan NAFATSA, tiupan tanpa disertai percikan air ludah. Sementara NAFAKHA bermakna umum, tiupan pakai percikan ludah atau tidak.

Masih dari bunda A'isyah R.A. Beliau meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW sering-sering mengobati diri sendiri dengan doa dan ayat-ayat al-Qur'an. Ketika sakit pada akhir hayatnya, beliau membaca al-Mu'awidzat, al-Falaq dan al-Nas berulang kali, lalu ditiupkan ke badan beliau.

Ketika sakit makin parah, nabi tetap membacanya, namun saya yang meniupkan ke badan beliau. Saya pun mengusap tapak tangan beliau, lalu saya usapkan ke badan beliau demi ngalap keberkahan.

Apa yang dilakukan Rasulullah SAW dengan meruqyah diri sendiri ketika jatuh sakit adalah ikhtiar yang berpahala. Perkara akhirnya beliau wafat juga, itu soal lain, soal qadla', soal ajal yang sudah ditentukan Tuhan. Dari sini, beberapa hikmah bisa dipetik:

Pertama, bahwa yang menyembuhkan penyakit itu bukanlah obat atau ruqyah, melainkan hanya Allah SWT semata. Obat hanya perantara lahiriah, sedangkan ruqyah hanyalah usaha doa, batiniyah. Kedua, bahwa usaha untuk sembuh itu diajarkan oleh Nabi, dituntut dan dianjurkan. Maka biaya untuk penyembuhan penyakit atau dana kesehatan dihitung infaq yang berpahala.

Ketiga, urusan mati bukanlah urusan penyakit atau ketuaan atau lainnya, melainkan murni urusan ajal yang sudah ditentukan Tuhan. Jatah hidupnya habis dan harus menghadap kepada-Nya. Banyak juga orang mati tanpa penyakit dan sebelum tua. Anak muda juga banyak yang kecelakaan di jalan dan mati. Orang tidur lelap dan kebablasan tak bernyawa juga ada.

Keempat, Nabi yang membenarkan si sahabat meruqyah pakai al-Fatihah adalah kelonggaran, keleluasaan yang beliau berikan kepada umatnya yang ahli untuk mencari sendiri ayat-ayat ruqyah secara proporsaional. Makanya, di kalangan mufassirin ada diskusi, apakah semua ayat al-qur'an bisa berfungsi sebagai syifa' (obat)? Hal itu karena sengketa mereka soal fungsi huruf "MIN" pada kalimah: "wa nunazzil MIN al-qur'an ma huw syifa'."

Pertama, huruf min difahamai sebagai fungsi "tab'idl", makna sebagian. Jadinya, tidak semua ayat al-qur'an bisa dijadikan materi meruqyah. Hanya ayat tertentu saja. Di kalangan mufassirin, pemahaman ini banyak disanggah karena dikhawatirkan menimbulkan preseden buruk, bahwa ada ayat al-Qur'an yang tidak berfungsi syifa'. Itu mengurangi keluhuran ayat suci.

Kedua, huruf min dipahami sebagai fungsi Bayan atau penjelas, sehingga kesimpulannya adalah bahwa semua ayat al-qur'an adalah syifa', obat. Meskipun berbeda fungsi, tapi masing-masing ayat bisa dijadikan mantra ruqyah, materi aji-aji sesuai keistimewaan masing-masing. Ada ayat yang sudah diketahui khasiatnya, dan ada ayat yang belum diketahui khasiatnya. Yang belum diketahui bukanlah tidak berfungsi, melainkan sekadar belum terbongkar.

*Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag adalah Mufassir, Pengasuh Rubrik Tafsir Alquran Aktual HARIAN BANGSA, dan Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ), Tebuireng, Jombang.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...