Rabu, 27 Mei 2020 08:52

​Diduga Putra Mahkota Saudi akan Dikudeta, Para Pangeran Ditangkapi

Selasa, 10 Maret 2020 18:51 WIB
Editor: choirul
​Diduga Putra Mahkota Saudi akan Dikudeta, Para Pangeran Ditangkapi
Sang putra mahkota. foto: theguardian

BANGSAONLINE.com - Konflik kepentingan semakin kentara di lingkungan Kerajaan Saudi Arabia. Dua Pangeran terkemuka ditangkap, dengan dugaan memblokir akses sang putra mahkota Mohammed bin Salman.

Penangkapan berlangsung dramatis, karena dua pangeran cukup berpengaruh ini, sebenarnya sudah sesuai prosedur untuk memblokir akses ke tahta putra mahkota, Mohammed bin Salman. Jika seandainya raja saat ini meninggal atau menjadi lumpuh.

Tiga sumber telah mengkonfirmasi kepada Guardian bahwa penangkapan Pangeran Ahmed bin Abdul Aziz, satu-satunya saudara lelaki Raja Salman, dan mantan putra mahkota, Mohammed bin Nayef, pada hari Jumat. Dasarnya, rekaman percakapan disampaikan kepada kerajaan.

Penahanan kedua pangeran ini, dianggap tindakan makar, melalui sebuah badan yang didirikan pada 2007 untuk memastikan lancarnya peralihan kekuasaan jika raja atau putra mahkota mati.

Lembaga ini berperan penting untuk mengamankan Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota pada tahun 2017 ketika ia memenangkan 31 dari 34 suara, dan mengalahkan Mohammed bin Nayef sebagai putra mahkota. Maka, Mohammed bin Salman menjadikan dirinya sebagai pemimpin de facto negara ini.

Pangeran Ahmed diyakini salah satu dari tiga pembangkang dan tetap menjadi pengkritik putra mahkota. Dia dan Mohammed bin Nayef dianggap makar, meskipun ada saran di Riyadh pada hari Senin kemarin, bahwa tuduhan serius seperti itu dapat dipermudah.

Dua sumber Guardian mengatakan, para bangsawan senior berusaha menetapkan Pangeran Ahmed sebagai ketua dewan aliansi, posisi yang saat ini kosong.

Langkah ini berpotensi memberinya pengaruh atas pembicaraan yang melibatkan suku, keluarga dan ulama, dan mengarah pata pencalonan para pemimpin baru Saudi.

Bahkan, mereka dituduh merencanakan kudeta terhadap putra mahkota. Tuduhan itu - dan kebingungan yang menyusul penangkapan - mengejutkan Riyadh, memicu spekulasi bahwa kesehatan raja tiba-tiba memburuk, dan putranya membuka jalan untuk menggantikannya.

Namun, Raja Salman digambarkan menerima diplomat Saudi pada hari Minggu, menepis desas-desus tentang kematiannya, dan para pendukungnya mengatakan ia tidak berniat meninggalkan posisinya sebelum KTT G20 di Riyadh pada bulan November.

Dua pangeran lainnya, Menteri Dalam Negeri Abdulaziz bin Saud, dan Saud al-Nayef, yang ditahan selama penangkapan pada hari Jumat, dibebaskan dari tahanan pada hari Minggu, setelah diinterogasi. Sejumlah bangsawan lain yang tidak dikenal tetap ditahan.

Mohammed bin Salman (33), dengan kejam menyingkirkan saingan dari semua lapisan masyarakat Saudi dalam persiapan untuk menjadi raja.

Pembunuhan kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi pada akhir 2018 tetap menjadi masalah yang kuat bagi para kritikus putra mahkota, banyak dari mereka mengklaim ia tidak memiliki penilaian atau temperamen untuk menjadi pemimpin. "Itu tidak akan pernah hilang," kata seorang pejabat intelijen regional. “Tapi harus diingat bahwa itu bermain lebih buruk di luar negeri daripada di rumah.”

Dengan konvensi, dewan aliansi harus dipimpin oleh putra tertua pendiri kerajaan, tidak termasuk putra mahkota, atau raja. Ini terdiri dari 28 anggota dan tidak jelas apakah Pangeran Ahmed mengambil peran ketua.

Kedua bangsawan senior itu diyakini ditahan di vila-vila di Riyadh. Pangeran Ahmed, yang kembali dari pengasingan di London setelah pembunuhan Khashoggi, dipahami telah memanggil keluarganya pada hari Sabtu, untuk meminta jubah seremonialnya dikirimkan kepadanya - suatu prasyarat untuk bertemu dengan bangsawan lain atau tampil di depan umum.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...