Jumat, 05 Juni 2020 15:26

​Kepala Dinkes: Pacitan Aman Dikunjungi

Jumat, 06 Maret 2020 11:07 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
​Kepala Dinkes: Pacitan Aman Dikunjungi
Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Pacitan, Hendra Purwaka.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Iklim tropis di Indonesia, merupakan buah keberkahan bagi masyarakat untuk bisa terhindar dari serangan coronavirus. Sebab, virus covid-19, bakal mati ketika terkena sinar matahari dalam kurun waktu tertentu.

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Hendra Purwaka.

"Jadi karakter virus corona (covid-19) ini, tidak tahan terhadap panas. Bukannya akan berkembang disaat udara dingin. Kebetulan sekali Indonesia ini kan memiliki iklim tropis, sehingga kecil kemungkinan covid-19 akan bisa masuk di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini," terang Hendra Purwaka, Jumat (6/3).

Namun, ia tetap mengimbau masyarakat waspada. Terutama dengan kedatangan orang asing dari manca negara, utamanya dari Wuhan, Tiongkok.

"Kalaupun ada orang terpapar coronavirus, lantas mereka batuk atau bersin misalnya, dalam waktu 2-3 jam virus tersebut akan mati terkena panas matahari," jelasnya.

Untuk Pacitan sendiri, ia menegaskan masih sangat aman. Karena itu, ia meinta para wisatawan tidak khawatir untuk berkunjung ke Pacitan.

"Sampai saat ini belum ditemukan pasien suspect coronavirus. Sehingga Insyaallah Pacitan aman untuk dikunjungi. Meskipun kita harus tetap waspada untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar bisa terhindar dari segala macam penyakit. Tidak terkecuali covid-19 ini," jlentrehnya.

Pada kesempatan yang sama, pria yang juga masih menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini menegaskan, kalau pemerintah akan memberikan jaminan bagi penderita coronavirus.

"Kalau seandainya ditemukan pasien suspect covid-19, seluruh pembiayaan ditanggung pemerintah. Apalagi saat ini rumah sakit sudah mempersiapkan ruang isolasi, tim medis, obat-obatan dan juga peralatan yang ada. Begitupun rumah sakit rujukan juga telah disiapkan, yakni di rumah sakit umum provinsi, dr Soedono, Madiun," pungkasnya. (yun/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...