90 Anggota PPK di Mojokerto Dilantik KPU

90 Anggota PPK di Mojokerto Dilantik KPU Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam sedang memberikan ucapan selamat kepada para anggota PPK yang baru dilantik.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur melantik 90 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Minggu (1/3). Hal ini dilakukan guna menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) bupati dan wakil bupati, yang akan diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori menyampaikan bahwa proses pembentukan PPK di Kabupaten Mojokerto telah dilaksanakan melalui seleksi terbuka. 

"Artinya, siapa pun warga Kabupaten Mojokerto yang tersebar di 18 kecamatan yang memenuhi syarat dan memiliki kemampuan serta kemauan terbuka lebar untuk ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara adhoc pada Pilkada Serentak tahun 2020 di Kabupaten Mojokerto," jelasnya usai pelantikan 90 anggota PPK untuk 18 kecamatan di seluruh Kabupaten Mojokerto.

Ia mengingatkan bahwa tugas sebagai penyelenggara pemilihan cukuplah berat. Seluruh anggota PPK dituntut bersikap profesional dalam bekerja di mana harus benar-benar memahami persoalan-persoalan teknis penyelenggaraan pemilihan. 

"Tetapi yang tidak kalah pentingnya lagi adalah juga dituntut untuk senantiasa menjaga sikap dan perilaku kita selama menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilihan," ujar Muslim.

Nantinya, lanjut Muslim, 90 PPK tersebut juga harus menjalankan Bimtek. Tugas berat pertama PPK bersama jajarannya di bawah yaitu melakukan pemutakhiran data pemilih.

"Dengan data pemilih yang akurat, maka dapat tercapai Pilkada yang berkualitas khususnya di Kabupaten Mojokerto, sehingga baik dan buruknya penyelenggaraan Pilkada 2020 berada di pundak PPK," tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Muslim, pihaknya meminta kepada PPK untuk memiliki integritas dan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan. Ia meminta PPK menjaga netralitas dan terus berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan dan pihak lainnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam yang juga hadir, meminta kepada 90 PPK KPU Kabupaten Mojokerto yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik. 

Setelah pengucapan sumpah, selanjutnya perwakilan anggota PPK membacakan pakta integritas yang ditandatangani oleh seluruh anggota PPK. Prosesi pelantikan sendiri diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah atau Janji serta Pakta Integritas. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO