Pilkada 2020, Kader Ansor Berpeluang Pimpin Jember

Pilkada 2020, Kader Ansor Berpeluang Pimpin Jember Deni Prasetya, Wakil Ketua GP Ansor Càbang Kencong/Politikus NasDem. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gerakan Pemuda Ansor adalah badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU). Sebagai organisasi kepemudaan, Ansor mempunyai sejarah panjang dan ikut berkontribusi dalam perjalanan bangsa ini. Kaderisasi berjenjang dan berjalan secara simultan membuat organisasi ini melahirkan banyak kader mumpuni.

Banyak kader Ansor dipercaya memegang jabatan publik, baik di parlemen mau pun di eksekutif. Di Jawa Timur sebagai basis GP Ansor ada beberapa kader Ansor yang menjadi kepala daerah, seperti Baddrut Tamam Bupati Pamekasan, Thoriqul Haq Bupati Lumajang, Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Ahmad Dawami Ragil Saputra atau Kaji Mbing Bupati Madiun, dan Sutiaji Wali Kota Malang. Bahkan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak juga adalah kader Ansor.

Kini kader Ansor juga berpeluang menjadi kepala daerah di Kabupaten Jember pada Pilkada yang akan digelar September tahun ini. Mereka adalah Deni Prasetya Wakil Ketua GP Ansor Cabang Kencong, dan Ayub Junaidi Ketua GP Ansor Cabang Jember. Ayub adalah Sekretaris DPC PKB Jember, sedangkan Deni Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim.

"Intinya sudah saatnya pemuda diberi kesempatan memimpin Jember, termasuk kader Ansor. Bisa sebagai Bupati maupun Wakil Bupati. Bila itu terjadi, saya yakin Jember akan mengalami kemajuan yang sangat pesat," ujar Baihaki Siraj, pengamat politik dari dari Akurat Survey Terukur Indonesia (ASTI) Jawa Timur, Kamis (27/2).

Pria yang akrab disapa Baihaki ini menuturkan, bila tokoh-tokoh lain seperti yang saat ini santer disebut akan maju di Pilkada Jember, mulai dari Djoko Susanto, kemudian Hendy Siswanto, setidaknya harus cermat memilih calon wakil bila ingin mengalahkan bupati petahana, Faida.

Simak berita selengkapnya ...