Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep Bertekad Wujudkan Kampung IB

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep Bertekad Wujudkan Kampung IB Ir. Bambang Heriyanto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep tahun 2020 ini bertekad mewujudkan Kampung Inseminasi Buatan (IB). Program IB itu akan difokuskan di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Guluk-guluk, Ganding, dan Lenteng (Luganteng).

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, sebenarnya progam IB ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Namun, tahun ini lebih difokuskan ke tiga kecamatan yang paling berpotensi mampu mewujudkan Kampung IB.

“Untuk sementara bakal fokus pada tiga kecamatan ini, dan tahun ini ini kami akan fokus untuk melakukan pembibitan ternak sapi melalui inseminasi buatan di Luganteng untuk mewujudkan Kampung IB,” ungkapnya, Kamis (27/02/20).

Inseminator yang ada, kata Bambang, sudah menjadi paramedis yang tentunya sangat paham kapan ternak IB ini akan melahirkan dan bagaimana pemeliharaan yang benar dengan sistem paramedis tersebut.

Mantan Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sumenep ini optimis target Kampung IB di tiga kecamatan itu benar-benar akan terwujud, mengingat potensi peternakan di tiga wilayah tersebut selama ini cukup bagus.

“Dengan adanya Kampung IB, nantinya kami harapkan juga akan terwujud Destinasi Wisata Kampung IB, sehingga akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO