Kamis, 28 Mei 2020 05:29

Car Free Month Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

Selasa, 25 Februari 2020 14:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sugianto
Car Free Month Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka
Sejak diberlakukannya Car Free Month, pengunjung wisata Bromo semakin meningkat.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemberlakuan Car Free Month atau bebas dari suara bising kendaraan kembali dibuka di kawasan kaldera Gunung Bromo. Dibukanya kembali Car Free Month tersebut sejak 24 Februari 2020 kemarin.

“Sejak 24 Januari lalu, kawasan lautan pasir ditutup untuk semua jenis kendaraan. Baik roda dua maupun empat,” ujar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat kepada wartawan, Selasa (25/2).

Penutupan terhadap lautan pasir itu merupakan kesepakatan bersama. Seperti TNBTS, para pelaku usaha, dan sejumlah pihak yang terkait.

“Diberlakukannya Car Free Month itu karena adanya ritual Kapitu warga Tengger. Sehingga kita harus menghormatinya,” tandasnya.

Bupati Probolinggo, Hj. Tantriana Sari menjelaskan, dampak positif selama diberlakukannya Car Free Month, pengunjung wisata Bromo semakin meningkat. Bahkan, dengan bebasnya asap dan suara bising kendaraan itu sangat terasa manfaatnya.

“Seperti udara di gunung Bromo semakin terasa sangat segar. Karena bebas dari asap kendaraan. Itu bisa kita rasakan,” katanya.

Tak hanya itu, hamparan lautan pasir terlihat bersih dan tak ada lagi beton-beton retak yang diakibatkan kendaraan jip yang masuk di kawasan itu.

“Kalau perlu nanti pemberlakuan Car Free Month ini kita berlakukan secara kontinyu. Karena dampak positifnya sangat terasa,” katanya. (prb1/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...